Pantai Sulamadaha dan Batu Angus Jadi Prioritas Pengembangan Wisata Ternate

Kawasan Batu Angus Kulaba. (Hairil Hiar/Kieraha.com)

Kawasan Pantai Sulamadaha dan Batu Angus, di Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate sudah memiliki petugas Satgas Kebersihan dan Satgas Penagih Karcis. Ini dikatakan oleh Rustam Panjab Mahli, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Jumat 5 Agustus 2022.

“Ini sudah berjalan dan tinggal bagaimana memberikan petunjuk ke mereka tentang cara pelayanan serta penanganan sampah yang baik,” kata Rustam, kepada kieraha.com.

Ia mengatakan, honor petugas Satgas di lokasi ini dibiayai menggunakan APBD.

“Tugas mereka adalah melayani dan menjaga kawasan tersebut supaya tetap bersih. Selain itu, tugas dari Satgas ini juga melakukan penagihan karcis dan lainnya,” lanjut Rustam.

Jadi Prioritas Pemkot

Rustam menyatakan, lokasi Pantai Sulamadaha dan Batu Angus merupakan kawasan destinasi wisata yang dijadikan prioritas Pemkot dalam penganggaran APBD Kota Ternate.

“Ini dilakukan untuk bisa menopang PAD dari sisi pariwisata. Juga karena kawasan ini sudah punya legitimasi hak milik pemerintah kota. Sementara, beberapa destinasi wisata lainnya, seperti Jikomalamo belum bisa disentuh karena bukan milik pemerintah kota,” ujar Rustam.

Adanya kepemilikan lahan ini sehingga kawasan tersebut mendapat perhatian dalam bentuk bantuan sarana dan prasarana serta penataan kawasan.

“Disamping itu, kita juga sementara melakukan pendataan kembali kawasan-kawasan potensi wisata yang bisa memberikan kontribusi bagi daerah, walaupun itu bukan hak milik, tapi bisa melalui kesepakatan pinjam pakai lahan yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat sesuai dengan harapan dari Pak Wali Kota (M Tauhid Soleman),” tambahnya.

Yadi Ismail