8 Keindahan Alam Bawah Laut di Ternate

Avatar photo
Ilustrasi foto latar Pulau Hiri di Ternate

Spot diving di Ternate memiliki keragaman jenis ikan yang tidak dimiliki spot-spot lain di Indonesia. Salah satunya yang terdapat pada dive spot yang menjual hiu langkah seperti jenis hemiscyllium halmahera atau walking shark (epolet shark) dalam sebutan ilmiahnya, yang belakangan dinyatakan sebagai spesies baru dan merupakan endemik Maluku Utara.

Bagi orang yang memiliki hobi menyelam mungkin bisa mencoba 8 spot diving di kota berjuluk Bahari Berkesan ini. Rata-rata dive spot (panorama alam bawah laut) yang berada di pulau ini tak jauh dari pusat kota dengan keramaian lalulintas. Jarak spot dive hanya ditempuh dalam waktu 15 menit perjalanan.

Salah satu yang paling istimewa melakukan dive spot di Ternate yaitu keragaman jenis ikan yang tidak dimiliki spot-spot lain di Indonesia, salah satunya hiu langkah seperti jenis hiu hemiscyllium Halmahera.

Menurut Aditiyah, pengelola Nasijaha Dive Center Ternate, keunikan dive spot di kota Ternate adalah letak atau lokasinya yang mudah dijangkau dan berada dalam kota. Penyelam dapat menggunakan transportasi darat dengan jarak 15 menit perjalanan. Harga transportasinya pun sedikit murah, penyelam tak butuh menyewa kapal untuk bisa menjangkau lokasinya.

“Karena itulah mengapa, menyelam di Ternate sedikit berbeda dengan daerah-daerah lain di Maluku Utara dan umumnya,” kata Adit, begitu ia disapa, saat berbincang dengan Kieraha.com di Taman Nukila Ternate.