oleh

Upacara 17 Agustus di Tengah Pandemi Corona Digelar Terbatas

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan ke 75 RI pada tanggal 17 Agustus di Kota Ternate tetap dilaksanakan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Upacara peringatan tersebut akan dilaksanakan dengan jumlah peserta yang terbatas. Peserta yang hadir hanya dari kalangan pejabat SKPD dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sutopo Abdullah mengatakan peserta pejabat yang hadir ini hanya 10 orang dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD.

“Yang itu dilakukan sesuai hasil rapat Pak Wali Kota bersama Forkopimda Ternate, bahwa pelaksanaan upacara sesuai surat edaran Juknis dari Kemensetneg dan Kemenpora,” kata dia, ketika disambangi kieraha.com, di Kantor Wali Kota Ternate, Selasa 4 Agustus 2020.

Sutopo menyatakan, pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2020 akan dimulai pada pukul 08.00 WIT, di halaman Kantor Walikota Ternate, Jalan Pahlawan Revolusi, Kelurahan Muhajirin.

Yang Berbeda Dari HUT RI Sebelumnya
Sutopo Abdullah. (Sahrul Jabidi)

Sutopo mengemukakan, pelaksanaan HUT ke 75 RI tahun ini berbeda dengan pelaksanaan HUT RI tahun sebelumnya. Perbedaan itu terdapat pada jumlah dan anggota paskibraka.

“Untuk anggota paskibraka ini akan menggunakan personel purna paskibraka tahun 2019 yang masih berada di bangku SMA, jika jumlahnya masih kurang maka akan diambil dari seleksi tahun 2020, tetapi jumlah ini hanya 8 orang untuk ditempatkan sebagai pasukan delapan, ditambah 4 pengapit dari TNI-Polri sehingga totalnya 12 orang,” lanjut Sutopo.

“Jika tahun sebelumnya upacara peringatan HUT RI dengan formasi paskibraka ada pasukan delapan, tujuh belas, dan pasukan empat lima, namun tahun ini, pasukan tujuh belas dan empat lima ditiadakan. Begitu juga panduan suara tidak digunakan,” jelasnya.

“Karena Upacara 17 Agustus ini adalah upacara militer, sehingga kita (Pemkot Ternate) juga akan berkoordinasi dengan Panitia HUT RI sekaligus dengan TNI dan Polri,” tambahnya.

Sahrul Jabidi
Author
Bagikan Kabar Anda