oleh

Usman-Bassam ‘Borong’ Dukungan Partai di Halmahera Selatan

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di Halmahera Selatan, Haji Usman Sidik dan Bassam Kasuba, dengan lega melenggang maju pada Pilkada 2020 di Negeri Saruma.

Pasangan ini mengantongi sebanyak 16 kursi di DPRD Kabupaten Halmahera Selatan. Jumlah tersebut bertambah setelah keduanya resmi mengantongi rekomendasi DPP Partai Golkar.

Jumlah 16 kursi ini terdiri dari PKB 4, PKS 3, PSI 1, PAN 1, Demokrat 2, dan Golkar 5 kursi.

“Dengan rekomendasi DPP Partai Golkar ini maka jumlah dukungan untuk Usman-Bassam mencapai sebanyak 6 partai. Ini terdiri dari PKB, PKS, PSI, PAN, Demokrat, dan Golkar,” ujar Juru Bicara Usman-Bassam, Adnan Wahid, kepada kieraha.com, Sabtu 11 Juli 2020.

Ketua PSI Halmahera Selatan itu menyatakan, pasangan Usman-Bassam hingga saat ini pun masih berpeluang mendapat rekomendasi dari Partai Gerindra dan PDI Perjuangan.

Menurutnya, peluang itu tinggal menghitung hari karena sudah ada titik terang dari DPP.

“PDIP tinggal menunggu jadwal penyerahan SK dari DPP, kemudian Partai Gerindra komunikasinya sudah mencapai 99,9 persen, sisanya ketentuan Allah SWT, maka kita sudah memastikan kedua partai besar ini rekomendasinya ke Usman-Basam,” katanya.

Adnan menambahkan, untuk Partai Golkar, Tim Pemenangan Usman-Bassam berencana 12 Juli 2020 menggelar launching pemasangan logo Partai Golkar di peraga kampanye.

“Ini digelar di Kantor DPD II Golkar Halmahera Selatan pukul 16.00 WIT,” lanjut Adnan.

Informasi yang dihimpun kieraha.com, adanya rekomendasi 6 partai politik dengan jumlah 16 kursi dari total 30 kursi di DPRD Halmahera Selatan ini, maka pasangan Usman-Bassam saat ini yang paling siap dan berpeluang maju menjadi calon di pilkada kabupaten tersebut.

Sisa 14 kursi lainnya yang sudah dipastikan pasangan Usman-Bassam adalah Gerindra 3 kursi dan PDIP 2 kursi. Sementara di luar partai tersebut masih terdapat Nasdem 5 kursi, PKPI 2 kursi, Hanura 1 kursi, dan Partai Berkarya 1 kursi. Sementara, wacana yang terbangun saat ini terdapat juga petahana bupati Bahrain Kasuba yang digadang-gadang maju untuk periode keduanya. Juga terdapat Sekretaris Partai Nasdem Malut Helmi Umar Muksin.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda