oleh

Virus Corona Ubah Model Ujian Siswa SD dan SMP di Ternate

Setelah melewati proses belajar dari rumah beberapa bulan terakhir karena pandemi virus corona, kini seluruh siswa tingkat SD dan SMP di Kota Ternate, Maluku Utara mulai mengikuti pelaksanaan ujian semester hari pertama.

Pengisian jawaban soal ujian kali ini pun masih dikerjakan dari rumah dan dikawal oleh orangtua siswa masing-masing. Pelaksanaan Ujian Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 ini oleh sekolah pelaksana ujian memberikan soal ujian kepada siswa melalui orangtua.

Meski ujian semester kali ini dengan suasana dan model yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat dampak virus corona, namun tampak siswa siswi peserta ujian sangat antusias menjawab setiap soal yang ada dalam lembaran soal ulangan tersebut.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Semua soal tadi dijawab dengan baik,” kata Indrawati Djailani, salah satu orangtua siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Fathul Munir Ternate, usai mengawal anaknya yang ujian hari pertama, Senin, 15 Juni 2020.

Indrawati menceritakan, sejak beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian semester tersebut digelar dari rumah masing-masing siswa, persiapannya sudah diberitahukan oleh sekolah.

“Pelaksanaan ujian ini sudah disiapkan dari awal. Oleh guru mereka di sekolah selalu intens memberikan arahan dan informasi melalui pesan WhatsApp di grup orangtua,” ujar dia.

Ia menambahkan, ujian semester hari pertama itu anaknya yang duduk di bangku kelas II dan kelas IV SD masing-masing mengerjakan soal pelajaran Alquran Hadits dan Tematik.

“Pelaksanaan ujian ini berjalan seperti biasa yaitu sampai hari Sabtu 20 Juni 2020,” jelasnya.

Pelaksanaan ujian semester genap ini juga dilaksanakan di seluruh sekolah di wilayah Kota Ternate. Di antaranya pada SDN 53 dan MTS Negeri 1 Dufa-Dufa di Ternate Utara.

BAGIKAN