oleh

Wakil Ketua DPD RI Ajak Semua Pihak Sukseskan Pilkada Sehat di Maluku Utara

Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono mengajak semua stakeholder untuk menyukseskan Pilkada 2020, termasuk di delapan kabupaten kota di Maluku Utara.

Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Ternate, Maluku Utara, Kamis 19 November. Agenda ini dalam rangka mengecek kesiapan pilkada.

Nono Sampono dalam pertemuan tersebut meminta pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah yang akan dihelat pada 9 Desember ini berlangsung dengan aman dan damai.

Pilkada Serentak yang berlangsung di 270 daerah di Indonesia termasuk 8 diantaranya di wilayah Maluku Utara itu dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19. Kondisi ini diharapkan tidak menjadi masalah baru dalam penularan virus corona tersebut.

“Angka penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah sangat tinggi, oleh karena itu kita harus berupaya menekan penyebarannya dengan tidak melakukan kerumunan yang bisa memicu terjadinya peningkatan kasus,” ucapnya dalam pertemuan Kamis kemarin.

Anggota DPD RI Dapil Maluku ini mengajak, kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kepada penyelenggara dan keamanan agar bekerja ekstra sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa menghambat kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Nono menyatakan bahwa pelaksanaan pilkada menjadi bagian penting dalam membangun sistem demokrasi. Dan sebagai penyelenggara, KPU maupun Bawaslu sudah memiliki tugas pokok masing-masing untuk menciptakan pilkada yang damai.

“Untuk pelanggaran-pelanggaran mungkin ini menjadi catatan tersendiri dan kita minta agar bisa ditekan sedemikian rupa sehingga pelanggaran bisa diminimalisir,” lanjutnya.

Dalam Pilkada Serentak 2020 ini diharapkan agar bisa melahirkan pemimpin yang baik sehingga bisa membawa daerahnya lima tahun kedepan yang lebih baik.

Khaira Ir Djailani

Bagikan Kabar Anda