oleh

Wali Kota Tidore Maluku Utara Terkonfirmasi Positif Covid

Gugus Tugas Covid-19 kembali merilis data perkembangan kasus virus corona Covid-19, di wilayah Provinsi Maluku Utara, Kamis malam, 28 Mei 2020. Update data ini, sebanyak 9 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan jumlah kasus meningkat menjadi 128 orang.

Dokter Alvia Assagaf, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, menyatakan, penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini sesuai hasil pemeriksaan Tes Cepat Molekuler, yang dilakukan di RSUD Chasan Boesoirie, Kota Ternate.

Baca Juga

“Pemeriksaan melalui TCM atau Tes Cepat Molekuler ini ada sebanyak 16 spesimen. Sebelas spesimen (orang) ini di antaranya untuk diagnosa kasus baru dan 5 kasus follow up. Pemeriksaan TCM ini dengan hasil terkonfirmasi 9 orang positif Covid-19, yang terdiri dari Kota Ternate 8 orang dan Kota Tidore Kepulauan 1 orang,” jelas Alvia, sesuai rilis gugus tugas yang diterima kieraha.com, di Ternate, Kamis malam, pukul 20.06 WIT.

Bertambahnya jumlah ini maka selanjutnya disebut sebagai kasus 120 sampai kasus 128.

“Dari jumlah total kasus (128 orang di Maluku Utara terkonfirmasi positif Covid-19) ini, sebanyak 21 orang yang dinyatakan sembuh (dari virus corona Covid-19) dan 6 orang meninggal dunia. Jumlah kasus sembuh dan meninggal akibat Covid-19 ini masih sama dengan update data gugus tugas sehari sebelumnya (per 27 Mei 2020),” sebut Alvia.

1 Kasus Baru dari Tidore

Alvia mengemukakan, untuk pasien dari Kota Tidore yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu disampaikan dengan inisial AI. AI merupakan orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan.

”Saya langsung menginformasikan saja karena saya sudah konfirmasi juga ke Dinas Kesehatan Kota Tidore dan diizinkan bahwa pasien 128 itu adalah Wali Kota Tidore,” jelas Alvia.

Ia menambahkan, Wali Kota Tidore diduga tertular dari transmisi lokal pasien ke 100.

Bertambahnya jumlah kasus di Tidore Kepulauan ini maka total kasus Covid-19 di kota setempat menjadi 16 orang dengan pasien sembuh 6 orang dan meninggal 2 orang.

Bagikan Kabar Anda