oleh

Warga Soa Mado Gelar Rapat Menyambut Festival Kampung Adat di Hiri

Warga Soa Mado, Kecamatan Pulau Hiri, Ternate menggelar rapat Adat Mado Madadi, Rabu 18 November 2020. Rapat ini dalam rangka menyambut persiapan Festival Kampung Adat, di Pulau Hiri, pada 29 November sampai dengan 4 Desember 2020.

Menurut Abdul Kader Rakib, Lurah Mado, pelaksanaan rapat adat tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan festival yang akan dihelat tersebut dapat berjalan dengan sukses.

BACA JUGA

Siapa Pelaku yang Buang Bayi di Kota Ternate

“(Sementara itu) festival yang hendak digelar ini untuk mengembangkan potensi tradisional Kelurahan Mado, terutama dalam melestarikan dan mengenalkan potensi adat di sini,” ucap Abdul, ketika disambangi kieraha.com, usai rapat dengan warga Mado, Rabu 18 November.

Abdul menambahkan, dalam festival ini akan digelar berbagai kegiatan adat di kelurahan tersebut. Diantaranya pembuatan tuju deru deru untuk tempat peralatan tradisional berupa alat musik tifa, saragi, parang dan salawaku; sagu stir atau makanan khas yang menjadi pajangan di festival ini; serta menampilkan permainan tradisional seperti jako-jako atau pukul gaba, leng kali leng, jilo, bola bekel dan sem. (kr3)

Sudarman MN Tinamba
Author
Bagikan Kabar Anda