oleh

Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Wilayah Malut

BMKG Ternate memprediksi hingga akhir pekan ini masih terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah di Maluku Utara. Selain itu, gelombang tinggi berpotensi di sejumlah perairan sekitar Pulau Halmahera, Pulau Ternate, dan Pulau Batang Dua.

“Hasil analisis perkiraan cuaca yang didapatkan ini masih akan berlangsung hingga 3 hari kedepan,” kata Fahmi Bachdar, Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Babullah Ternate, ketika disambangi kieraha.com, Selasa (7/1/2020).

Fahmi bilang, perkiraan potensi cuaca ekstrim tersebut, akan terjadi di wilayah bagian utara Pulau Morotai, Halmahera Utara, dan wilayah bagian utara Kabupaten Halmahera Timur.

“Sementara gelombang tinggi berpotensi di atas 1,5 meter hingga 2,5 meter itu diperkirakan masih terjadi di laut wilayah perairan jalur Patani-Gebe, Tobelo-Morotai, Tobelo-Subaim, Maba-Buli, Ternate-Loloda, dan Ternate-Batang Dua-Bitung,” sambung Fahmi.

Karena itu, BMKG mengimbau kepada nelayan dan pengguna transportasi laut di wilayah tersebut agar berhati-hati dalam beraktifitas.

“(Karena) di jalur-jalur tersebut tinggi gelombang tinggi masih diprediksi terjadi antara 1,5 hingga 2,5 meter. Ini karena masih dimungkinkan ada peningkatan kecepatan angin di wilayah tersebut,” tambahnya.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN