oleh

Waspada Potensi Hujan Lebat 3 Hari ke Depan di Maluku Utara

Peringatan dini cuaca potensi curah hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam tiga hari ke depan masih terjadi di sebagian wilayah kabupaten kota di Provinsi Maluku Utara.

Prakiraan potensi tersebut berlangsung pada sore dan malam hari, di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, Sula, Taliabu, sebagian Halmahera Tengah dan Halmahera Utara.

“Untuk wilayah lainnya secara umum masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang,” kata Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Babullah Ternate, Vianca Adjie Dwi, ketika dikonfirmasi kieraha.com, melalui via telepon, Minggu malam, 2 Agustus.

Vianca menyatakan, untuk potensi angin kencang sifatnya sesaat ketika akan terjadinya hujan lebat atau berakhirnya hujan. Meski begitu, rata-rata potensi angin ini bertiup dengan kecepatan 4 sampai 40 kilometer per jam dari arah Timur ke Barat Laut.

Wilayah Potensi Gelombang Tinggi

Vianca menambahkan, untuk potensi gelombang tinggi terjadi signifikan sampai 2 meter. Potensi ini terjadi di Perairan Sula, Taliabu, Obi, dan Perairan Utara Pulau Morotai.

Vianca mengimbau, kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam beraktivitas dan perhatikan informasi yang dikeluarkan BMKG.

“Karena jika terjadi hujan dengan intensitas ringan, sedang maupun lebat dengan durasi yang cukup lama dapat berdampak pada peningkatan volume air sungai dan mengakibatkan genangan air,” jelasnya.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda