oleh

Wisata Mahasiswa UMMU Sambil Pelajari Gunung Api Jailolo

Mahasiswa Semester 3 Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate, mengisi waktu liburan akhir semester dengan berwisata ke lereng gunung api, Kabupaten Halmahera Barat.

Dosen Geologi Fakultas Teknik UMMU Ternate Deddy Arif mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Laboraturium Geologi UMMU kota setempat.

Koordinator Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Malut ini, mengemukakan tujuan fieldtrip di antaranya mengenalkan para mahasiswa secara langsung bukti aktivitas tektonik yang ada.

Dia mengatakan, fieldtrip merupakan praktikum geologi dasar mahasiswa tersebut. “Fieldtrip ini sudah menjadi kegiatan rutin. Terutama jurusan Pertambangan dan Geologi. Kegiatan ini dilaksanakan agar mahasiswa ini mampu mengetahui keadaan geologi secara langsung,” ucap Deddy, kepada KIERAHA.com, Sabtu (28/1/2017).

Deddy mengatakan hasil dari fieldtrip bagi mahasiswa itu, pertama mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat terkait metode pengambilan data tektonisme dan mengolahnya, kedua dapat menginterpretasi pola perkembangan tektonik di Halmahera Barat, dan ketiga dapat mengenali fase geothermal (keadaan panas bumi) yang berkembang pada periode sebelumnya dan sekarang.

“Fieldtrip ini berlangsung 3 hari. Untuk hari pertama (Jumat kemarin) agenda episode pengendapan gunung api dan aktivitas tektonik pembentukan Jailolo, hari kedua pengambilan data tektonik wilayah yang terdampak swarm earthquake (gerumbulan gempa), dan hari ketiga peserta  ini akan mempelajari ciri gunung api Halmahera Barat,” Koordinator IAGI Deddy Arif memungkasi.

Bagikan Kabar Anda

Komentar