oleh

Yamin Tawarkan Cara Sederhana Tangkal COVID19

Pemkot Ternate telah menetapkan kota berjuluk Bahari Berkesan itu sebagai darurat virus Corona. Dengan begitu, pandemi tersebut menjadi momok bagi masyarakat Ternate.

Bakal Calon Wali Kota Ternate, Mohammad Yamin Tawary menyatakan, untuk menangkap COVID19 ada dua hal yang harus dilakukan oleh masyarakat di kota setempat.

“Pertama meningkatkan daya tahan tubuh, dengan menjaga makanan diutamakan buah-buahan dan sayur, istirahat yang teratur, konsumsi suplemen atau vitamin C dan minum perasan kunyit, temulawak, goraka serta garamakusu,” ujar Yamin, Jumat 30 Maret.

Ia menjelaskan, bahan-bahan konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh selalu baik itu karena mengandung curcuma dan kandungan vitamin seperti di temulawak. Yang Kedua, lanjut Yamin, pencegahan dari luar yakni harus menjaga jarak bila bertemu dengan orang minimal 2 meter, serta melakukan olahraga yang cukup untuk setiap harinya.

“Menghindari salaman dan cipika cipiki, sering cuci tangan dengan air mengalir, dan pakai sabun atau air bercampur jeruk,” kata Yamin.

Yamin juga menyarankan agar masyarakat rajin-rajin berhadapan dengan sinar matahari, hindari tangan menyentuh wajah bila tidak terpaksa.

“Jangan terlalu banyak menyentuh benda yang banyak disentuh orang seperti yang berada di mall, pasar, hotel atau tempat-tempat umum lainnya, dan selalu waspada,” sebutnya.

Menurut Yamin, bila yang sudah memiliki gejala-gejala mirip COVID sebaiknya terbuka dan masuk karantina, karena dengan cara ini pertolongan lebih dini mencegah penularan ke yang lain.

“Ingat bahwa yang sudah terkena pun bisa ditolong keselamatan jiwanya, asalkan lebih cepat ditangani oleh dokter yang ahli terhadap penyakit tersebut,” kata Yamin.

Ia meminta, masyarakat untuk tidak panik dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Kita harus yakin setiap musibah atau ujian dari Allah SWT, kita selalu dianjurkan sabar, dan berdoa,” tutup Yamin.

Bagikan Kabar Anda