oleh

Yang Harus Dilakukan Warga Maluku Utara Saat Kasus Covid Meningkat

Kasus positif virus Corona Covid-19 di Maluku Utara terus meningkat. Data terbaru menjadi 41 orang. Jumlah ini bertambah 15 kasus dari data sebelumnya 26 orang per 26 April 2020.

Dari peningkatan jumlah kasus ini terdapat salah satu kabupaten di Maluku Utara yang baru terkonfirmasi kasus positif Covid-19. Kabupaten tersebut adalah Pulau Morotai.

BACA JUGA

4 Santri dan 8 ABK Dorolonda Positif Covid-19 di Maluku Utara

16 Pintu Masuk ke Halmahera Utara Ditutup Hingga 1 Juni

Dokter Alvia Assagaf, juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Utara, mengatakan bahwa penambahan 15 kasus positif Covid-19 per 30 April 2020 itu berasal dari Ternate 10 orang, Morotai 4 orang, dan tambahan baru dari Kabupaten Halmahera Utara satu orang.

Pada provinsi kepulauan ini sudah terdapat 6 daerah dari 10 kabupaten kota yang terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah akumulasi kasus tersebut, Ternate menjadi 20 orang, Halmahera Utara 3 orang, Tidore 12 orang, Halmahera Selatan 1 orang, Halmahera Barat 1 orang dan Pulau Morotai 4 orang.

Dari jumlah total tersebut terdapat 3 orang yang dinyatakan sembuh. Dua diantaranya di Kota Ternate dan satu dari Kota Tidore Kepulauan.

Yang Harus Dilakukan
Ilustrasi Covid-19. (Copyright Shutterstock/Liputan6.com)

Adanya peningkatan jumlah kasus Covid di Maluku Utara ini, lanjut Alvia, mengimbau kepada warga masyarakat untuk tetap mematuhi protokol pencegahan virus itu.

Ini dilakukan dengan tetap menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan air dan sabun, keluar rumah hanya untuk keperluan penting, tetap menggunakan masker, tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, serta berolahraga ringan sepanjang berada di rumah, tutup Alvia.

BAGIKAN