oleh

Yang Perlu Diperhatikan Paslon Debat Pilkada di Ternate

KPUD akan menghelat debat publik Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Ternate, di Hotel Sahid, Kelurahan Jati, Kecamatan Ternate Tengah, Selasa malam, 26 Oktober 2020.

Debat ini dengan tema Peningkatan Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat Kota Ternate. Dalam debat tersebut akan dipandu oleh Sitti Barora Sinai dari Universitas Khairun Ternate.

“Debat ini dimulai pukul 20.30 WIT yang digelar selama 120 menit. Dalam debat pertama (Pilkada Ternate) kali ini KPU menyiapkan enam segmen,” kata Ketua Divisi Sosialisasi dan Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Ternate, Soleman Patras, Senin siang, 26 Oktober 2020.

Soleman menyebutkan, segmen pertama terdapat pemaparan visi dan misi oleh masing-masing pasangan calon wali kota dan wakil walikota tersebut. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan terbuka dari moderator yang disusun oleh panelis yang diberikan kepada empat pasangan calon itu terkait tema Peningkatan Kesejahteraan dan Strategi Penanganan Covid serta peningkatan pelayanan dan strategi penanggulangan narkoba.

“Nanti dipilih pertanyaan yang diisi dalam amplop yang ada dalam kotak,” ujar Soleman.

Sementara itu pada segmen empat dan lima masing-masing keempat paslon Pilkada Ternate ini diberikan kesempatan untuk melemparkan pertanyaan kepada pasangan calon lainnya dan melakukan debat antar kandidat atas pertanyaan dan jawaban yang telah dilayangkan.

“Jadi dibuka sesi debat terbuka antar paslon ini. Masing-masing paslon bisa membawa alat tulis dan catatan, ini supaya bisa digunakan untuk menulis setiap pertanyaan,” katanya.

Untuk segmen ke enam merupakan closing statemen dari masing-masing paslon tersebut.

Soleman menambahkan, debat putaran pertama ini disiarkan langsung melalui saluran Gamalama Tv, siaran RRI Ternate dan didukung oleh perusahaan Tv kabel se Kota Ternate.

Sahrul Jabidi
Author
Bagikan Kabar Anda