NHM dan Nakertrans Halmahera Utara Fokus Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Avatar photo
HUT TRG ke 1 Tahun. (kieraha.com)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Halmahera Utara bakal menghadirkan kursus operator alat berat secara gratis. Kursus ini khusus untuk masyarakat di wilayah setempat.

Rencana ini disampaikan oleh Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Halmahera Utara, Jefry Hoata, saat dikonfirmasi usai acara HUT Tambang Rakyat Gosowong, Kamis 18 Agustus.

BACA JUGA Pesan Tauhid Soleman Usai Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Ternate

“Ini dilakukan sesuai arahan dari Pak Bupati Frans Manery. Bahwa Pemda harus buka Balai Latihan Kerja sekaligus buka kursus operator alat berat secara gratis,” ujar Jefry.

Ia menyatakan, kursus operator yang dibuka di Halmahera Utara ini bertujuan agar warga di kabupaten setempat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk kursus di luar daerah.

Untuk pelatihan ini, lanjut Jefry, akan mendatangkan instruktur dari Balai Latihan Kerja.

Tenaga Kerja Lokal

Jefry menambahkan, saat ini pihak Pemda Halmahera Utara telah bekerja sama dengan pihak perusahaan PT NHM untuk upaya perekrutan tenaga kerja lokal.

“Soal perekrutan tenaga kerja itu saya sama Presiden Direktur PT NHM, Pak Haji Robert sudah melakukan penandatanganan kesepakatan. Jadi soal perekrutan tenaga kerja (perusahaan tambang emas ini) diprioritaskan putra putri lingkar tambang,” katanya. *

Mandalika

Ikuti berita tv kieraha di Google News klik di sini