Warga Ternate Diberikan Pilihan Tentukan Hari Salat Idul Adha 1443 Hijriah

Masjid Assalam Ternate. (Kieraha.com)

Warga masyarakat Kota Ternate diberikan pilihan. Menentukan Salat Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada hari Sabtu 9 Juli sesuai penetapan di Ternate atau Minggu 10 Juli 2022 sesuai keputusan pemerintah pusat di Jakarta.

Pilihan penentuan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah ini disampaikan melalui imbauan yang tertuang dalam surat bersama tentang pelaksanaan salat Idul Adha untuk wilayah Ternate. Imbauan ini ditandatangani oleh Wali Kota M Tauhid Soleman, Ketua PHBI Hidayatussalam Syehan dan Ketua MUI Usman Muhammad, tanggal 5 Juli 2022.

BACA JUGA Pemkot Ternate Tetapkan Salat Idul Adha Jatuh pada 9 Juli 2022

Dalam imbauan itu, Pemkot Ternate menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat, lembaga, ormas, BKM BTM, para imam masjid se Kota Ternate untuk tidak menjadikan perbedaan penentuan Salat Idul Adha 1443 Hijriah sebagai polemik yang berkepanjangan.

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate Agus F Jambak mengatakan, wali kota bersama jajaran Pemkot Ternate akan melaksanakan Salat Idul Adha pada Sabtu 9 Juli 2022. Pelaksanaan salat ini dipusatkan di Masjid Raya Almunawwar Ternate, pada pukul 07.00 WIT.

“Karena pertimbangan cuaca jadi Pemkot dan PHBI akan melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Agung Almunawwar. Nanti Pak Wali Kota juga menyerahkan Hewan Qurban pada hari Jumat (8 Juli 2022), di beberapa masjid di Ternate sesuai petunjuk Bagian Kesra,” sambungnya.

Penentuan Salat Idul Adha yang jatuh pada hari Sabtu 9 Juli ini sebelumnya disampaikan ini berdasarkan hasil rapat dari PHBI, Kantor Kemenag, dan BTM Al Munawwar bersama Pemkot Ternate. Keputusan ini berbeda dengan penentuan waktu salat Idul Adha yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022. *

Zaki Nino