Anak Putus Sekolah di Kelurahan Sasa Ternate Capai 26 Orang

Avatar photo
Ilustrasi pendaftaran siswa baru. (Liputan6.com)

Anak putus sekolah di wilayah Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, saat ini tercatat 26 orang. Data ini dilaporkan melalui pemerintah kelurahan.

Lurah Sasa Ridwan D Farman menyatakan, dari 26 anak yang putus sekolah ini disebabkan karena faktor ekonomi dan lingkungan, serta faktor penyebab lainnya.

BACA JUGA Catat Instruksi Wali Kota Tauhid Soal Anak Putus Sekolah di Ternate

“Data 26 anak yang putus sekolah ini dilaporkan oleh RT dan semuanya sudah dimasukkan ke Kelurahan,” kata Ridwan, kepada kieraha.com, di ruang kerjanya, Rabu 24 Agustus 2022.

Ia mengatakan, saat ini pihak Kelurahan Sasa sedang meminta kelengkapan data anak tersebut. Meliputi akta kelahiran dan surat keterangan dari sekolah asal anak putus sekolah.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

“Kalau data ini semua sudah terpenuhi maka langsung diserahkan ke Kecamatan, tentunya ini kami lakukan sebagaimana arahan dari Pak Wali Kota Ternate,” lanjut Ridwan.

Ia mengemukakan, data anak putus sekolah ini juga termasuk dengan jenjang pendidikan SMP. Untuk tingkat SMP akan diberi akses untuk ikut ujian Paket C dan lain sejenisnya.

“Harapan saya, yang terpenting anak-anak yang putus sekolah segera menyerahkan datanya ke kita (Kelurahan). Karena ini demi masa depan mereka kedepannya,” sambung Ridwan.

Ia menambahkan, pihak Kelurahan Sasa siap memfasilitasi anak putus sekolah agar kembali mengenyam pendidikan yang layak sebagaimana instruksi Wali Kota Tauhid Soleman.

Yadi Ismail

BACA JUGA  Kejati Maluku Utara Didesak Periksa Rektor IAIN Ternate