Tidore  

Pemkot Tidore dan Kemenhub Matangkan Pelaksanaan Hari Nusantara

Avatar photo
Rombongan Kemenhub dan Pemkot Tidore Meninjau Pantai Tugulufa Tidore, Jumat, 25 Agustus 2023. (dok. Humas)
Rombongan Kemenhub dan Pemkot Tidore Meninjau Pantai Tugulufa Tidore, Jumat, 25 Agustus 2023. (dok. Humas)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat atau Dithubdat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugianto bersama rombongan mengunjungi Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Jumat 25 Agustus 2023.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau sejumlah lokasi untuk pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023, yang dipusatkan di Pantai Tugulufa, Tidore.

Hendro bersama rombongan diterima oleh Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota.

Ismail menyatakan, Kota Tidore Kepulauan merupakan kota kecil terbersih yang telah meraih penghargaan Adipura sebanyak sembilan kali beruntun.

“Pada bulan November tahun 2022 lalu, kami telah sukses melaksanakan Sail Tidore, oleh karena itu, pada kesempatan ini kami berharap pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 ini juga bisa sukses. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan sebagai panitia pusat yang telah melakukan gerakan cepat, artinya bahwa Gerakan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan selaku Ketua Panitia ini menjadi motivasi bagi kami, untuk menyukseskan kegiatan Pelaksanaan Hari Nusantara,” tutur Ismail.

BACA JUGA  26 Tim Siap Berlaga di Indonesiana Futsal Tournament II

Ia mengatakan, selain pelaksanaan acara, hal lain yang tak kalah penting yaitu dukungan infrastruktur, seperti jalan, lampu penerang jalan umum, dan penguatan jaringan internet.

Dia menyebutkan, belajar dari pengalaman Sail Tidore, akibat jumlah pengunjung yang membludak membuat jaringan internet sering tersendat, dan menyulitkan komunikasi.

“Untuk Sail Tidore kemarin, saya sampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan karena telah memberikan bantuan 60 titik lampu penerangan jalan umum, mungkin di Hari Nusantara, Kementerian Perhubungan sebagai Panitia Pusat akan dapat lebih banyak lagi bantuan lampu penerangan jalan umum, sehingga Kota Tidore Kepulauan bisa terang pada hari Nusantara nanti,” ujarnya.

Sementara itu Hendro mengatakan, maksud kunjungannya ke Kota Tidore Kepulauan, karena Kementerian Perhubungan ditunjuk menjadi penanggungjawab pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023.

BACA JUGA  26 Tim Siap Berlaga di Indonesiana Futsal Tournament II

Menurut Hendro, kesan lain pada kunjungan perdana ini yaitu Kota Tidore Kepulauan merupakan kota yang bersih dan nyaman, aman, serta pemandangannya juga indah.

“Jadi kami datang ke Tidore ingin menggali apa yang akan kita kerjakan, saya akan melihat lokasi-lokasi kegiatan, walaupun sudah dishare sama Pak Sekda di grup Hari Nusantara, untuk kegiatan acara puncak Hari Nusantara yang saya lihat sudah tertata dengan baik,” kata Hendro.

Ia menambahkan, semoga dengan penunjukkan Tidore menjadi tuan rumah event nasional ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota ini menjadi lebih baik.

“Kegiatan Hari Nusantara itu, kita laksanakan tanggal 13 Desember, jadi tinggal 3 bulan lagi, kita menyiapkan Hari Nusantara, dengan pengalaman Tidore menyiapkan Sail Tidore, saya yakin persiapan untuk Hari Nusantara dari Pemerintah Kota Tidore sudah siap, dan kami mendukung,” tambahnya.*

BACA JUGA  26 Tim Siap Berlaga di Indonesiana Futsal Tournament II