News  

Seluruh CJH Maluku Utara Sebelum ke Tanah Suci Dikarantina di Ternate dan Makassar

Avatar photo
Jemaah calon haji asal Maluku Utara saat mendengar arahan sebelum pelaksanaan ziarah di Tanah Suci Mekkah pada musim haji tahun sebelum corona. (kieraha.com)

Sebanyak 491 CJH Maluku Utara sebelum bertolak ke Tanah Suci akan dikarantina selama dua hari di Asrama Haji Ngade dan satu hari di Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Proses karantina Covid-19 yang dilakukan selama tiga hari menjelang pemberangkatan CJH ini, dilakukan sesuai dengan peraturan terbaru dari Kemenkes bahwa Jemaah Calon Haji itu harus karantina 3 X 24 jam, atau 3 hari sebelum keberangkatan menuju Jeddah,” kata Kabag Kesra Setda Kota Ternate, Muhammad Ichsan, ketika dikonfirmasi, Selasa 31 Mei 2022.

BACA JUGA 121 CJH Ternate Bertolak ke Tanah Suci melalui Makassar pada 26 Juni 2022

BACA JUGA  Kejati Maluku Utara Didesak Periksa Rektor IAIN Ternate

Ia menyatakan, adanya pemberlakuan karantina untuk Jemaah Calon Haji ini, agar dimohon pengertian para CJH dan pihak keluarga jemaah untuk mempedomani ketentuan tersebut.

“Pemberlakuan ini juga untuk seluruh Jemaah Calon Haji dari Indonesia. Ini dilakukan agar CJH lebih banyak beristirahat dan tidak melakukan kontak langsung dengan warga atau masyarakat yang lain (tiga hari sebelum berangkat ke Tanah Suci),” jelas Ichsan.

Ia menambahkan, untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji tahun ini tidak ada lagi jemaah yang akan menginap di hotel-hotel atau di rumah keluarganya di wilayah Kota Ternate.

“Semuanya nginap di Asrama Haji Ngade, termasuk dari Kota Ternate. Jadi dengan jumlah CJH 400 sekian itu untuk Asrama Haji Ngade masih bisa menampung. Juga dengan biaya nginap selama di Asrama Haji Ngade itu gratis atau tidak dipungut biaya apapun oleh Kanwil Kemenag. Begitu pun dengan makan dan minum semuanya menjadi tanggung jawab Pemda Kabupaten Kota selama di Asrama Haji Ternate dan Sudiang Makassar,” tambahnya.

BACA JUGA  Warga Resah Air Kemasan Sekda Halmahera Barat Beredar di Ternate
Terbagi dalam 2 Kloter

Seluruh CJH asal Maluku Utara ini akan diberangkatkan dari Bandara Sultan Babullah Ternate menuju Embarkasi Makassar pada tanggal 25 Juni dan 26 Juni 2022.

Calon Jemaah Haji asal Maluku Utara ini terbagi dalam 2 kelompok penerbangan atau Kloter. Untuk Kloter 11 diberangkatkan ke Embarkasi Makassar pada tanggal 25 Juni 2022 dan untuk Kloter 12 diberangkatkan ke Makassar pada tanggal 26 Juni 2022.

Jadwal Kloter penerbangan ini diumumkan pada saat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 Hijriah Tahun 2022, di Aula Asrama Haji Ngade Ternate, Selasa siang.

Selanjutnya, Kloter 11 akan berangkat dari Makassar menuju Jeddah pada tanggal 26 Juni 2022 dan Kloter 12 bertolak dari Makassar ke Jeddah pada tanggal 27 Juni 2022. *

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara