News  

Kuliner Khas Papeda Jadi Tampilan Logo Google

Avatar photo
Tampilan kreasi logo Google/Tangkapan layar

Jumat tanggal 20 Oktober 2023, Doodle atau kreasi logo Google menampilkan kuliner khas Indonesia Timur. Kuliner tersebut adalah papeda, yang dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada 2015.

Indonesia terlebih khususnya bagian Timur, sagu merupakan makanan pokok sehingga menjadi khas, papeda dihasilkan dari tepung sagu. Makanan jenis ini banyak ditemukan di Maluku Utara dan sangat familiar di lidah masyarakat bagian timur dan di beberapa negara tetangga lainnya.

Kuliner khas papeda merupakan makanan yang lembut dan memiliki tekstur seperti lem dan berwarna putih bening. Makanan ini biasanya disajikan bersama ikan kuah kuning dan pisang rebus serta sambal dabu-dabu.

Dikutip dari laman Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud, sagu adalah salah satu makanan tradisional Papua selain betatas, keladi, dan umbi.

Kemudian alasan Google menggunakan doodle dengan kreasi gambar kuliner papeda itu untuk memperingati deklarasi papeda. Karena pada 20 Oktober 2015 papeda dinyatakan sebagai warisan budaya Takbenda (intangible cultural heritage) dari Indonesia oleh UNESCO.

BACA JUGA Uni Eropa dan UNESCO Gelar Senior Editors Forum Jelang Pemilu 2024

UNESCO atau The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization sendiri merupakan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Sementara itu, Warisan Budaya Takbenda (WBTb) adalah sumber daya strategis yang memungkinkan pembangunan transformasi pada tingkat lokal dan global. *