PKS Geser Kursi Nasdem di DPR RI Dapil Maluku Utara

Avatar photo

Hasil rekapitulasi suara Calon Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Maluku Utara pada Pemilu 2024 telah selesai. Ini setelah KPU menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Malut hitung ulang dokumen C hasil untuk Kecamatan Pulau Obi, Halmahera Selatan pada Kamis, 14 Maret 2024.

Dari hasil hitung ulang tersebut menunjukkan, sebanyak 3 Calon Anggota DPR RI Dapil Malut yang sudah dipastikan melenggang mulus menuju ke Gedung DPR di Senayan Jakarta.

Tiga Caleg tersebut dua diantaranya adalah petahana dan satu lainnya pendatang baru. Untuk kursi pertama dengan suara terbanyak berasal dari PDIP dengan perolehan 146.965 suara, kursi kedua dari Partai Golkar 136.890 suara, dan disusul kursi ketiga dari PKS dengan perolehan 70.740 suara. Perolehan suara PKS ini secara otomatis menggeser kursi DPR RI yang sebelumnya berada di tangan Ahmad Hatari dari Nasdem.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

BACA JUGA 2 Srikandi Maluku Utara Makin Kokoh di DPR RI

Bahkan suara partai besutan Surya Paloh ini menukik tajam karena posisi perolehan suara terbanyak di urutan empat masih dipegang oleh partai lain, yaitu Gerindra dengan perolehan 64.082 suara, PAN dengan perolehan 62.458 suara, PKB dengan perolehan 58.180 suara, dan Partai Nasdem hanya 56.123 suara serta Demokrat 34.581 suara.

Dengan perolehan suara tersebut, maka dari tiga kursi DPR RI periode 2024-2029 untuk Dapil Maluku Utara masih dipertahankan oleh Irine Yusiana Roba Putri dari PDIP dan Alien Mus dari Golkar. Sisa kursi ketiga yang sebelumnya diduduki oleh Ahmad Hatari dari Nasdem dengan terpaksa berpindah tangan ke Izzuddin Qassam dari PKS. *

BACA JUGA  Warga Resah Air Kemasan Sekda Halmahera Barat Beredar di Ternate