Menhub Evaluasi Persiapan Hari Nusantara 2023 di Tidore

Avatar photo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memimpin langsung rapat koordinasi ke-3 dalam rangka Cek Posisi Persiapan Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 melalui Zoom Meeting, Kamis 19 Oktober 2023/Dok humas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin rapat koordinasi ketiga persiapan pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023, melalui zoom meeting, Kamis, 19 Oktober 2023.

Rapat tersebut diikuti oleh kementerian dan lembaga terkait, Tim Popo Danes Arsitektur, unsur TNI dan Polri, serta Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara, Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Rakor ketiga dilaksanakan mengingat pelaksanaan hajatan nasional yang dipusatkan di Pantai Tugulufa, Tidore Kepulauan ini tinggal menghitung bulan.

Menhub menyatakan, dalam rangka menindaklanjuti pelaksanaan hajatan tersebut, perlu untuk meninjau kembali persiapan kegiatan sebagaimana dengan hari yang sudah ditetapkan hingga pada acara puncak kegiatan.

“Rapat ketiga ini digelar untuk mengecek kembali kesiapan dari masing-masing bidang yang telah ditunjuk pada rapat sebelumnya, seperti acara olahraga dan acara-acara pendukung lainnya, kita juga akan membangun satu pendopo Bale Bengong di Hari Nusantara Tahun 2023 ini, untuk itu nanti dilihat kesiapannya apakah memungkinkan atau tidak,” Tutur Budi

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Upacara Peringati Harkitnas 2024

Budi menyebutkan, kesempatan pembangunan pendopo Bale Bengong tinggal sebulan, jika tidak mungkin diselesaikan dalam waktu tersebut maka pembangunannya tetap dirampungkan. Karena bangunan tersebut akan menjadi kenang-kenangan bagi masyarakat setempat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugianto memaparkan berbagai persiapan untuk acara puncak. Kata Hendro, TNI AU dan TNI AL sudah bersedia mendukung pelaksanaan Hari Nusantara ini.

“Untuk TNI AU sendiri ada tiga pesawat tempur yang telah disiapkan juga turut melibatkan aspotdirga yaitu paramotor dan penerjun, sementara dari TNI AL ada empat armada, dengan demo-demonya yaitu fly pass, freefall, dan sailing pass, di samping itu juga TNI AL akan melaksanakan kegiatan bakti sosial, pemeriksaan kesehatan, bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove,” ujarnya.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Upacara Peringati Harkitnas 2024

Selaku panitia daerah, Sekprov Maluku Utara Samsuddin A Kadir pun menyepakati pembagian tugas pelayanan tamu, mulai dari akomodasi transportasi hingga gala dinner, yang berlangsung di Kota Ternate.

“Selain itu, pada acara puncak Hari Nusantara juga kami telah menyepakati untuk memberikan dukungan dengan menyiapkan tenda UMKM untuk Pameran, juga kegiatan-kegiatan terkait kebudayaan sudah kami tindaklanjuti kepada Dinas Pendidikan sesuai dengan apa yang diminta oleh Kota Tidore, dan sampai saat ini kami terus berkoordinasi, hingga pada tempat menginap pejabat eselon 1 ke atas akan kami persiapkan,” kata Samsuddin.

Sementara Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim mengatakan, Pemkot Tidore telah menyiapkan Panggung Hiburan Rakyat, sebagai persiapan dukungan acara. Meski begitu, Ali keberatan dengan waktu pelaksanaan event yang tidak lama lagi, namun belum terlihat upaya promosi dan publikasi kegiatan.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Upacara Peringati Harkitnas 2024

“Kami akan menyiapkan panggung, sound system dengan Kapasitas 6.000 Watt, yang bisa dipakai juga untuk konser artis, talent atau pengisi acara serta kebutuhan lain yang berkaitan dengan kegiatan panggung hiburan rakyat, kecuali artis ibu kota, selain itu dukungan acara puncak yang telah kami siapkan diantaranya tarian kolosal, paduan suara dan pendukung acara lainnya yang menjadi tanggungjawab kami, juga telah kami siapkan,” tambahnya. *