Baru Terjadi di Pemprov Maluku Utara Punya Dua Matahari

Avatar photo
Suasana Rapat Paripurna yang digelar DPRD Malut, Senin 1 April 2024/Karno Jabidi

Proses pemerintahan di lingkup Pemprov Maluku Utara semakin kacau balau. Betapa tidak, di bawah kepemimpinan Plt Gubernur M Al Yasin Ali, Pemerintah Daerah setempat punya dua sekretaris daerah alias dua matahari.

Ini dibuktikan dengan kehadiran Samsuddin Abdul Kadir saat diundang Sekretariat DPRD Malut sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Malut, di Rapat Paripurna yang turut dihadiri M Al Yasin Ali pada Senin, 1 April 2024. Pada hari yang sama, Sekda Salmin Djanidi yang ditunjuk Plt Gubernur M Al Yasin Ali, juga memimpin apel perdana sebagai Sekda di halaman Kantor Gubernur Malut, Sofifi, Oba Utara, Tidore Kepulauan.

Baik Samsuddin maupun Salmin, sama-sama mengklaim memiliki legitimasi sebagai Sekda Malut. Samsuddin yang diangkat oleh Gubernur nonaktif Abdul Gani Kasuba melalui Keputusan Presiden (Keppres). Sementara Salmin ditunjuk oleh Plt Gubernur sebagai Plt Sekda menggantikan Samsuddin.

Samsuddin Abdul Kadir menjelaskan bahwa pemberhentian dirinya yang dilakukan oleh Plt Gubernur telah menyalahi prosedur.

“Sebab Plt Gubernur tak bisa membatalkan Keppres,” lanjutnya. *