Kepala Dinas Pangan Gencar Sosialisasi Kedai Panganmu di Maluku Utara

Avatar photo
Dheni Tjan/dok pribadi

Kepala Dinas Pangan Maluku Utara, Dheni Tjan gencar melakukan sosialisasi terkait Kedai Panganmu atau Proyek Perubahan Kebijakan serta Sinergi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Maluku Utara. Kedai Panganmu adalah Proyek Perubahan yang digagas Dheni Tjan selaku Reformer Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II BPSDM 2024.

Sosialisasi Kedai Panganmu yang dilakukan kali ini bertempat di Pendopo Kawasan Budaya Falcono, Weda, Halmahera Tengah pada Kamis kemarin. Dheni menyatakan, proyek perubahan ini sebagai upaya untuk mengatasi inflasi di Maluku Utara khususnya pada sektor pangan.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pj Bupati, Sekda, dan jajaran pimpinan OPD lingkup Pemda Halmahera Tengah yang sudah mendukung penuh, juga menjadikan Weda sebagai lokasi fokus kegiatan proyek perubahan yang kami gagas ini,” ucap Dheni.

BACA JUGA  Stok dan Harga Bahan Pokok di Tidore Stabil Jelang Idul Adha

Dheni menyatakan, output dari Proyek Perubahan Kedai Panganmu ini dengan membuat rumusan regulasi lewat Peraturan Gubernur terkait Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan.

“Juga dalam bentuk perjanjian kerja sama antar daerah dengan para pelaku usaha di sektor pangan, dan pengembangan sistem digital hingga pengadaan super kedai pangan, misalnya gerakan Kedai Pangan dengan memfasilitasi proses distribusi; upaya pemantauan terhadap stok hingga harga pangan; dan optimalisasi lewat gerakan pangan murah,” ujar Dheni.

Ikram Sangadji, Pj Bupati Halmahera Tengah, mengapresiasi upaya Dheni Tjan selaku Reformer Penggagas Proyek Perubahan Kedai Panganmu yang kini sedang mengikuti PKN Tingkat II Angkatan III BPSDM di Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri Tahun 2024.

BACA JUGA  TPID Tidore Sukses Raih Nominasi Top 3 Pengendali Inflasi

Ikram memberikan dukungan kepada Dheni Tjan, dan berharap proyek perubahan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Maluku Utara dan khususnya Halmahera Tengah.

“Pak Dheni Tjan sebagai Reformer sudah berupaya berbuat untuk masyarakat. Mudah-mudahan pangan murah bisa terdistribusi secara merata, sehingga proyek perubahan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pangan yang murah,” lanjut Ikram.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan kerjasama dan penyerahan bantuan kepada para petani secara simbolis dari Pj Bupati Halmahera Tengah, Ikram Sangaji didampingi Dheni Tjan sebagai Kepala Dinas Pangan Provinsi Malut. *