Fakta Unik yang Bikin Pelabuhan Bastiong Ternate Selalu Padat Saat Mudik

Avatar photo
Kepadatan orang di Pelabuhan Bastiong, Rabu 27 April 2022. (Akbar Amin/Kieraha.com)

Arus penumpang mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Pelabuhan Bastiong, Ternate, mulai ramai. Pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya ini memadati kawasan dermaga tersebut, Rabu 27 April 2022.

Satu-satunya dermaga antarkabupaten kota di Kecamatan Ternate Selatan ini pun akhirnya penuh dengan orang. Warga masyarakat ini tiba dari berbagai daerah di wilayah Ternate dan Halmahera.

BACA JUGA Kemegahan Masjid Raya Sofifi dan Assalam Ternate

Penelusuran kieraha.com, penyebab kepadatan orang yang terjadi di atas dermaga ini tak hanya pemudik, justru jumlah pengantar lebih banyak dari jumlah orang yang berangkat.

BACA JUGA  OJK Berencana Bangun Kantor Perwakilan di Maluku Utara

Komandan Pos Pelabuhan Bastiong Ternate Bunnyamin N membenarkan, adanya fakta unik ini. Ia mengaku, peningkatan jumlah orang di dermaga ini mulai terlihat sejak awal pekan.

“Namun ini sudah menjadi tradisi setiap mudik lebaran di Ternate. Yang memang jumlah pengantar lebih banyak dari jumlah penumpang yang berangkat,” katanya.

Bunnyamin mengatakan kondisi ini membuat pihak petugas dermaga setempat melakukan koordinasi. Kemudian mengarahkan kapal yang sandar untuk keluar berlabuh di depan dermaga.

“(Jadi penyebab) kepadatan ini karena ada tiga kapal yang berangkat bersamaan. Akhirnya kami sesama petugas berkoordinasi, dan mengarahkan kapal-kapal itu keluar berlabuh sementara. Ini dilakukan untuk memastikan jumlah orang yang berangkat pada hari ini,” sambungnya.

BACA JUGA  KPK Hadirkan Para Pejabat Terduga Pemberi Suap di Sidang AGK

Setelah semua petugas melakukan pemantauan menggunakan speedboat dan pengecekan di atas kapal, lanjut Bunnyamin, ternyata benar kalau jumlah orang yang memadati kawasan dermaga ini lebih banyak jumlah pengantar daripada jumlah pemudik.

Akbar Amin

Ikuti berita tv kieraha di Google News