Tidore  

Yang Dibicarakan Dalam Lawatan Wali Kota Tidore ke Lanal Ternate

Avatar photo
Maritim Tidore
Wali Kota Tidore Capt Ali Ibrahim dan Danlanal Ternate Letkol Ridwan Aziz, di Mako Lanal Ternate, Selasa 9 Januari 2023. (doc. humas)

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim melawat ke Markas Komando atau Mako Pangkalan TNI-Angkatan Laut Ternate, di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Selasa 9 Januari 2024.

Ali tak sendiri, ia didampingi Kepala Dinas Perkimtan Kota Tidore Kepulauan Tamrin Ahmad, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Zulkifli Ohorella, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ridwan Hadji, Kabid Aset BPKAD Marwiah Abdurrahman dan Kabid Pertanahan Bambang Muhammad.

Adapun maksud lawatan Ali dalam rangka berkoordinasi dengan Danlanal Ternate Letnan Kolonel Ridwan Aziz, terkait percepatan pembangunan pos Angkatan Laut Ternate di Kelurahan Dowora, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan.

BACA JUGA  Rangkaian Kegiatan HUT RI di Tidore Dimulai 1 Agustus

“Harapan kami, agar segera dibangun Pos Angkatan Laut Ternate di lokasi yang telah dihibahkan, sebagaimana kami menghibahkan lahan untuk Kedokteran Unkhair. Selain itu, Kota Tidore Kepulauan pasca perhelatan Hari Nusantara 2023 sudah diterima dalam program prioritas yang kemudian diupayakan untuk masuk sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional atau KSPN,” ujar Ali.

Ia mengatakan, salah satu tujuan dari pelaksanaan Sail Tidore 2022 dan Hari Nusantara 2023 adalah untuk menjadikan Kota Tidore Kepulauan sebagai KSPN.

Oleh karena itu, lanjutnya, harus ada koordinasi dengan beberapa kementerian atau lembaga terkait guna menuntaskan tujuan tersebut.

“Hal ini kami upayakan, agar Kota Tidore Kepulauan kedepannya betul-betul dapat diperhitungkan di sektor pariwisata, juga mendapat dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan pariwisata di Kota Tidore Kepulauan. Karena di Tidore ini yang dapat dijual yaitu wisata bahari dan SDM,” tuturnya.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Rakor Pencegahan Korupsi Bersama KPK

Sementara itu, Danlanal Ridwan mengatakan bahwa menjadi sebuah kehormatan mendapat kunjungan Wali Kota. Menurutnya, hal ini sekaligus mempererat silaturahmi antara Lanal Ternate dan Pemkot Tidore Kepulauan.

“Karena semenjak saya berdinas di sini, memang intens sekali berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, mulai dari Perhelatan Sail Tidore 2022 hingga Hari Nusantara 2023, itu semua berjalan lancar dan luar biasa,” katanya.

Ia mengungkapkan, dalam menjaga keamanan di laut dan pemberdayaan potensi maritim yang ada di wilayah kerja, pihaknya lebih banyak melaksanakan kegiatan di Kota Tidore Kepulauan.

“Kami juga telah menerima hibah tanah dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, karena ada program dari Angkatan Laut yaitu Kampung Bahari Nusantara atau KBN,” kata Ridwan.

BACA JUGA  Sekda Tidore Pimpin Pertemuan dengan Seluruh Peserta PIM II dan III

BACA JUGA TNI AL Resmikan Kampung Bahari Nusantara di Tidore

Selain KBN, sambung Ridwan, pihaknya juga akan membangun Pos Angkatan Laut di lokasi yang dihibahkan tersebut.

“Jadi mungkin kedepan kita akan berkolaborasi, supaya lokasi tersebut dapat menjadi sentral pembinaan masyarakat maritim di Kota Tidore Kepulauan, kita dapat mengembangkan potensi berbagai potensi pariwisata sektor laut di Tidore,” tutupnya.*