News  

Halmahera Masuk Daftar Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Avatar photo
Ilustrasi tambang emas Gosowong. (Foto de Dunia Energi)

Pulau Halmahera masuk dalam daftar pulau dengan harta karun terbesar di Indonesia. Harta karun ini tentunya adalah tambang emas yang dikelola oleh PT Nusa Halmahera Minerals atau NHM.

PT NHM sendiri berada di Gosowong, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Dalam daftar 7 daerah atau pulau yang menyimpan cadangan emas terbesar di Indonesia, PT NHM masuk dalam urutan setelah Banyuwangi di Jawa Timur urutan kedua dan Papua di urutan pertama.

BACA JUGA Sampah Menumpuk hingga Cemari Lingkungan Sofifi

Menurut data yang dikutip dari laman Gramedia.com menyebutkan, tambang emas terbesar ketiga yang berada di Pulau Halmahera ini memproduksi bijih emas yang telah ditambang mencapai 20 juta ons.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

Di dalam perusahaan PT NHM, tercatat Newcrest Mining Limited, perusahaan tambang asal Australia, memiliki 75 persen saham PT NHM. Kemudian, sisa saham lainnya dimiliki PT Antam Tbk. Newcrest sendiri menargetkan produksi emas dari NHM mencapai 220.000 hingga 270.000 ons per tahun.

Tambang Emas Gosowong ditemukan dari eksplorasi lahan hijau di Pulau Halmahera pada tahun 1996, dengan sumber daya awal 770 kilo ons. Seiring berjalannya waktu, sumber daya mineral pada Gosowong pun meningkat menjadi 7 juta ons pada tahun 2020.

2 Lokasi Emas Lainnya

Selain Gosowong, ditemukan dua wilayah lagi yang diduga kaya akan emas di Pulau Halmahera, yakni Ngailamo dan Sesewet. Dua daerah ini juga sudah dimasukkan dalam wilayah kontrak karya yang dikuasai NHM.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

PT NHM sendiri mempunyai tiga lokasi tambang, yakni Gosowong Pit, Toguraci Underground, dan Kencana Underground. Namun, Gosowong Pit tidak beroperasi lagi dikarenakan umur tambang nya sudah habis, terhitung sejak 2011. Akan tetapi, mengacu pada target rencana pertambangan PT NHM di 2021, yaitu 180 ribu ons per tahun, penambahan sumber daya baru diperhitungkan akan memperpanjang usia produktif Gosowong Pit lebih dari 5 tahun.

Sementara itu, PT NHM gencar menjajaki target pengeboran di tambang Kencana dan Toguraci. Total perkiraan cadangan mineral menurut dokumen Studi Kelayakan 2021 PT NHM yang diperbaharui adalah sebesar 860 ribu ons atau setara dengan 26,9 ton emas. *

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate