Antusias Masyarakat Tidore Laksanakan Ibadah Kurban

Avatar photo
Suasana penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al Istiqamah, Kelurahan Cobodoe, Kecamatan Tidore Timur/dok humas

Warga muslim di Kota Tidore Kepulauan sangat antusias terlibat langsung dalam ibadah kurban, melalui hewan kurban berupa sapi dan kambing yang diberikan, baik oleh Pemerintah Kota setempat maupun dari masyarakat.

Tercatat sekitar 200 ekor hewan kurban berupa sapi dan kambing yang disembelih di Kota Tidore, dan dibagikan kepada yang berhak menerima di setiap Kelurahan dan Desa se Kota Tidore Kepulauan, Senin, 17 Juni 2024.

Di Kelurahan Cobodoe, Kecamatan Tidore Timur, misalnya, warga muslim menyumbangkan 10 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Sapi dan kambing ini disembelih di samping Masjid Al Istiqamah Cobodoe, dan disaksikan ratusan warga.

Warga Kelurahan Cobodoe dari anak-anak hingga dewasa tumpah-ruah di jalan dan di dalam lokasi penyembelian hewan kurban. Mereka memberikan dukungan kepada petugas agar dapat menyelesaikan dan membagikan sembelihan hewan kurban tersebut tepat waktu.

Hal serupa juga terlihat di Masjid At Taubah, belakang Kantor Wali Kota, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore. Warga muslim di kelurahan ini menyembelih 5 ekor sapi, warga juga terlihat antusias membantu panitia kurban. Jeemaah Masjid di Kelurahan Tomagoba dari Masjid Ar Rahman juga menyumbang sebanyak 3 ekor sapi dan Masjid Nurul Insan 3 ekor sapi.

Sementara itu di Kecamatan Tidore Utara, ada 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing dikurbankan di Masjid Nurul Falah Kelurahan Fobaharu, demikian juga di Masjid Darul Fallah Laho Mareku ada 6 ekor sapi disembelih di tempat tersebut.

Untuk Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan, perayaan ibadah kurban juga turut dilaksanakan oleh masyarakat di setiap Desa dan Kelurahan, seperti yang terpantau di Desa Akelamo menyembelih 3 ekor sapi, Desa Akesai 1 ekor sapi, Desa Beringin Jaya 1 ekor sapi dan Desa Aketobololo 5 ekor sapi.

Kecamatan Oba Utara yang meliputi Desa Kaiyasa menyembelih 3 ekor sapi, Guraping 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing, Sofifi 11 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Balbar 13 ekor sapi dan 5 ekor kambing, Oba 7 ekor sapi, Somahode 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Ampera 5 ekor sapi, Galala 27 ekor sapi, serta Desa Garojou 9 ekor sapi dan 1 ekor kambing. *