Spot Diving Baru di Halmahera Selatan Ini Siap Layani Turis Eropa

Nabucco Resort di Pulau Kusu. (Dok Nabucco Island Resort)

Keindahan alam dan pantai di Pulau Kusu, Desa Sabatang, Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, telah mendatangkan investor dari Jerman.

Investor dengan perusahaan PT Extra Diver itu masuk ke Halmahera Selatan sejak tahun 2019. Hingga tahun 2022 telah membangun spot diving dan hotel (resort) di Pulau Kusu.

BACA JUGA Kala Praktik Illegal Fishing di Perairan Maluku Utara Marak Terjadi

Adanya pembangunan itu dikemukakan oleh Direktur PT Extra Diver (Nabucco Spice Island Resort) Ir Yusnadi, saat Grand Opening Nabucco Resort Pulau Kusu, Minggu 26 Juni.

“Mengapa kami jatuh cinta dengan Pulau Kusu untuk dijadikan Spot Diving ini karena potensinya yang cukup menjanjikan. Di sini banyak jenis ikan dan terumbu karang yang masih terawat, bahkan panorama pesisir pantainya dihiasi dengan pasir putih yang sungguh mempesona hingga ke dasar laut yang begitu indah,” ujar Yusnadi.

Nabucco Resort, lanjut Yusnadi, sudah masuk di Indonesia sejak tahun 2000. Nabucco Resort pertama dibangun di Maratua Kalimantan Timur, kemudian di Giliterawang NTB, resort ketiga di Bali dan keempat di Halmahera Selatan Malut.

Ia mengatakan dalam membangun wisata Nabucco Resort di Halmahera Selatan ini, PT Extra Diver menghabiskan dana sebesar Rp 15 miliar. Total anggaran ini untuk infrastruktur wisata di Nabucco Resort.

“Anggaran ini dibangun 15 unit hotel dan infrastruktur pendukung lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA Pengalaman Gisella Liburan di Maluku Utara Ketemu Hiu hingga Berfoto Latar Gunung

Ia menyampaikan, terima kasih atas respon positif dari Pemda Halmahera Selatan dalam pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata di wilayah kabupaten setempat.

“Ini terbukti selama kedatangan Nabuco Resort di Halmahera Selatan, sehingga kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Pak Bupati dan Pemda karena sudah mendukung dan bersedia hadir dan meresmikan wisata Nabucco Resort di Pulau Kusu,” sambung Yusnadi.

Siap Layani Turis Eropa

Grand opening Nabucco Island Resort di Pulau Kusu. (kieraha.com)
Grand opening Nabucco Island Resort di Pulau Kusu. (kieraha.com)

Nabucco Resort, lanjut Yusnadi, juga memiliki lockboot yang akan didatangkan dari Bitung untuk beroperasi di Halmahera Selatan.

“Kapal ini akan melayani para pengunjung dari negara Eropa. Karena ini merupakan PMA (Penanaman Modal Asing) Jerman maka tamunya banyak dari Eropa yang akan berkunjung ke Nabucco Resort Pulau Kusu,” ujarnya.

Bupati Usman Sidik memberikan apresiasi terhadap kedatangan investor dari Jerman ini.

“Terima kasih Nabucco Resort yang sudah datang berinvestasi. Ini merupakan salah satu kebanggaan Pemda Halmahera Selatan untuk membangun kerjasama dengan investor demi kemajuan investasi dalam sektor pariwisata,” ujar Usman, saat Grand Opening tersebut.

Prinsipnya, lanjut Usman, kedatangan investasi ini akan dijaga dan didukung. Harapannya dengan investasi yang masuk, dapat mampu menciptakan kesan baik yakni karpet merah.

“Diharapkan investasi dalam pengembangan wisata di Halmahera Selatan menciptakan kesan karpet merah (antusias berinvestasi di Halmahera Selatan),” sambung Usman.

BACA JUGA Kejayaan Cengkih Pulau-Pulau di Bawah Angin yang Hilang

Ia juga berharap, keberadaan investasi ini dapat menarik tenaga lokal dari desa sekitar.

Grand Opening ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bassam Kasuba dan unsur Forkopimda Kabupaten Halmahera Selatan, serta Manager Nabucco Resort. *