Fakta Baru di Balik KM Karya Indah yang Terbakar di Laut Sanana Maluku Utara

  • Bagikan
Proses evakuasi korban KM Karya Indah. (Dok SAR)

Tim SAR Gabungan Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara mencatat jumlah korban KM Karya Indah yang terbakar Sabtu pagi, 29 Mei 2021, setelah dievakuasi menjadi 275 orang. Jumlah korban kapal tersebut terdiri dari 261 penumpang dan 14 orang anak buah kapal.

Data korban hasil evakuasi yang dirilis BPBD Kepulauan Sula ini berbeda dengan data manifes penumpang yang tercatat sebanyak 181 orang dan 14 orang anak buah kapal.

BACA JUGA Awal Mula Insiden Kebakaran KM Karya Indah di Laut Sanana Maluku Utara

Kepala BPBD Hendra Umabaihi menjelaskan, data manifes yang sudah tercatat berjumlah 181 orang berbeda setelah pendataan korban selamat dievakuasi menjadi 261 orang, itu diduga karena sebagian penumpang tidak membeli tiket di agen kapal pada saat berlayar.

“Perbedaan jumlah penumpang ini kemungkinan terjadi karena penumpang pada saat naik kapal tidak membeli tiket di agen,” ujarnya, ketika dikonfirmasi, Sabtu 29 Mei.

Satu Orang Belum Ditemukan

Evakuasi korban KM Karya Indah. (Dok SAR)

Data tersebut juga menunjukkan, dari jumlah penumpang 261 orang, salah satunya atas nama Dedi Hidayat belum ditemukan. Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian di LKP.

Hendra menambahkan, sejumlah korban yang sudah dievakuasi itu mengalami trauma ringan. Empat penumpang diantaranya tidak sadarkan diri dan dirujuk ke RSU Sanana.

“Untuk penyebab kebakaran kapal sejauh ini masih dalam penyelidikan. Dan saat ini pihak kepolisian telah mengamankan sebanyak 14 ABK untuk dimintai keterangan,” lanjutnya.

Apriyanto Latukau
Author
  • Bagikan