Arena  

Mimpi Persiter Ternate Kandas Melaju di Partai Final Liga 3

Avatar photo
Info pertandingan Liga 3 yang digelar di Stadion Gelora Kieraha Ternate. (Dok PSSI/kieraha.com)
Persega Galela lolos melangkah ke babak Final Liga 3 Zona Malut. Ini setelah bertanding melawan Persiter Ternate dengan skor akhir 0-0 di laga semifinal.
 
Kepastian hasil ini membuat Persega legah, karena menduduki peringkat kedua meski sama-sama memperoleh tiga poin dengan Persiter namun Persega unggul dengan tidak mendapatkan kartu kuning. 
 
“Hasil ini merujuk pada regulasi PSSI. Bahkan, telah dirilis di Instagram @infoligatigaindonesia,” kata Sekum Persega, Hasan Tarate, kepada wartawan, Minggu 19 Februari 2023.
 
Ia mengatakan, panitia pelaksana juga telah menyampaikan hasil rapat bersama sesuai peringkat di laga semifinal, berdasarkan regulasi serta hasil koordinasi dengan Direktur PSSI Pusat.
 
“Petunjuknya tetap mengikuti regulasi PSSI, dimana ketika tim yang mempunyai poin yang sama, produktivitas gol yang sama, maka penentuan akhir dipakai pada lampiran yang menjabarkan tentang fair play point-point nya,” ujar Hasan.
 
Ia mengemukakan, jika merujuk pada sepanjang hasil laga di semifinal, maka Persiter tiga kali bermain, begitu juga Persega tiga kali main dengan mengoleksi poin yang sama.
 
“Tetapi Persega unggul dari sisi tidak mendapatkan kartu kuning. Sementara Persiter mengoleksi dua kartu kuning. Perolehan kartu kuning ini ada penilain poin di lampiran fair play,” ujar dia.
 
Hasan menambahkan, pihak panitia Asprov PSSI juga telah mengumumkan dalam rapat bersama terkait dengan hasil antara Persega versus Persiter, sehingga Persega tetap bertanding di laga puncak final melawan dengan Morotai United Fc sesuai jadwal.
 
 
“Kami tetap mengawal hasil yang disampaikan panitia penyelenggara dalam rapat bersama tersebut. Kami juga mengapresiasi hasil regulasi yang telah disampaikan yang begitu profesional. Prinsipnya Persega siap bertanding di laga final,” tutupnya.
 
Berikut adalah poin lampiran penentuan peringkat Fair Play yang dipakai PSSI:
 
1. Setiap klub akan mendapatkan poin pada saat menerima kartu kuning dan kartu merah sebagai berikut:
 
a. Setiap kartu kuning yang diterima 1 poin;
 
b. Setiap kartu merah (akumulasi kartu kuning) yang diterima 3 poin;
 
c. Setiap kartu merah (langsung) yang diterima 3 poin; dan
 
d. Setiap kartu kuning yang diikuti dengan kartu merah (langsung) 4 poin.
 
2. Klub yang mendapatkan poin paling sedikit akan menempati peringkat tertinggi dan seterusnya mengikuti poin yang didapat. *
 
Ikuti juga berita tv kieraha di Google News