Pesona Pantai Akebay Maitara yang Wajib Anda Kunjungi

Avatar photo
Wawali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen (tengah) bersama Kepala Desa Safrisal Ibrahim dan Staf Ahli Desa Maitara, di Lokasi Wisata Pantai Akebay, Minggu malam, 14 Mei 2023. (kieraha.com)

Pantai Akebay di Pulau Maitara, Tidore Kepulauan, mulai menjangkau wisatawan domestik dan mancanegara. Tak jarang pelancong yang datang dari Ternate dan Tidore menyisipkan waktunya untuk bermalam di pulau yang terdapat di gambar uang kertas pecahan seribu rupiah ini.

Keindahan alam yang dimiliki dan jarak yang terlampau dekat dengan kedua pulau tersebut menjadi faktor penentu bagi pelancong yang datang ke lokasi wisata pantai tersebut.

Bahkan keindahan alam dan dari inovasi yang dilakukan pun telah menarik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menempatkan Wisata Pantai Akebay, masuk dalam 75 besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

Tentang Pantai Akebay

Wawali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen didampingi Thamrin Ali Ibrahim selaku Regional Project Director Maluku Papua Makin Cakap Digital, saat menghadiri sekaligus membuka Event Makin Cakap Digital dan Akebay Beautiful Sunset, di Lokasi Wisata Pantai Akebay, Minggu malam. (kieraha.com)
Wawali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen didampingi Thamrin Ali Ibrahim selaku Regional Project Director Maluku Papua Makin Cakap Digital, saat menghadiri sekaligus membuka Event Makin Cakap Digital dan Akebay Beautiful Sunset, di Lokasi Wisata Pantai Akebay, Minggu malam. (kieraha.com)

Wisata Pantai Akebay ini dulunya terbilang angker. Di tempat ini dahulu dijadikan sebagai tempat pendaratan ikan nelayan pulau setempat. Namun oleh Pemerintah Desa Maitara telah mengubahnya menjadi sebuah destinasi wisata bahari yang sangat mumpuni.

Di lokasi pantai yang menghadap langsung dengan Pulau Ternate di sisi barat dan Pulau Tidore di sisi timur ini memiliki pemandangan alam yang indah. Pada sore hari kita akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam dan malam hari bertebaran lampu-lampu di pusat kota Ternate yang membuat pengunjung semakin betah ketika di lokasi ini.

Safrisal Ibrahim, Kepala Desa Maitara menuturkan, pengembangan lokasi Pantai Akebay menjadi tempat wisata yang indah ini menggunakan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Berharap BRI Soasio Terus Tingkatkan Kerjasama

“Lokasi ini dulunya hanya tempat pembongkaran ikan bagi nelayan setelah mereka pulang dari memancing. Di kawasan ini juga dulunya banyak lumpur dan bebatuan, namun karena ada penggusuran jalan lingkar Pulau Maitara, sehingga tanahnya tertampung di lokasi ini. Dan dari situ kami Pemerintah Desa kemudian mengembangkan lokasi ini sebagai tempat wisata,” jelasnya, begitu disambangi, di Pantai Wisata Akebay, Minggu malam, 14 Mei.

Safrisal menyatakan, adanya penataan lokasi pantai dengan membangun akses setapak dan fasilitas lainnya kemudian menarik banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Maitara.

“Bahkan dari komunitas dan masyarakat pun sering buat event di pantai ini,” sambungnya.

BACA JUGA Akebay Pulau Maitara Masuk Desa Wisata Terbaik Indonesia 2023

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Berharap BRI Soasio Terus Tingkatkan Kerjasama

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, ketika berkunjung ke lokasi ini merasa terharu dengan pengembangan pariwisata yang digagas oleh Pemerintah Desa setempat.

Pria yang lahir di Maitara 14 Februari 1969 ini menambahkan, akan terus membantu kebutuhan masyarakat dan Pemerintah Desa setempat, terutama dalam pengembangan pariwisata Pulau Maitara pada khususnya dan Tidore Kepulauan pada umumnya. *