Tidore  

Bayang-Bayang Event Sail Tidore yang tak Kunjung Pasti

Hamparan pohon cengkih di pegunungan Kalaodi Tidore pada 7 Agustus 2021. (Hairil Hiar)

Event nasional Sail Tidore yang direncanakan berlangsung pada November 2022 nanti di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara terancam ditunda. Pasalnya event ini kembali bertepatan dengan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara Tahmid Wahab mengatakan, saat ini kesiapan panitia daerah untuk pelaksanaan Sail Tidore sudah 99 persen.

BACA JUGA Pelaksanaan Sail Tidore Masih Kekurangan Anggaran

“Persiapan kami sudah matang baik dari konten acaranya hingga infrastruktur pendukung. Dan ini tinggal menunggu keputusan panitia pusat, apakah dilaksanakan pada bulan November nanti atau ditunda lagi di 2023,” kata Tahmid, Rabu 14 September.

Sail Tidore yang dijadwalkan sebelumnya akan berlangsung pada bulan September ini, namun batal dihelat dan ditunda hingga bulan November karena ada penyelenggaraan KTT G20 pada bulan September.

“Namun belakangan KTT G20 juga digeser ke bulan November sehingga kami legowo saja, kalau memang harus ditunda lagi. Event sail ini merupakan kegiatan nasional, hanya lokasinya saja yang berada di Kota Tidore Kepulauan,” jelasnya.

BACA JUGA Pengakuan Kota Jaringan Global Magellans bagi Tidore

Tahmid menambahkan, pihak pantia daerah akan menyurat ke panitia pusat untuk menanyakan kejelasan pelaksanaan Sail Tidore ini dapat dilaksanakan pada bulan November ataukah ditunda lagi.

“Yang jelas mau digeserpun tidak mengapa yang pasti kita sudah siap,” katanya. *

Zaki Nino