Tidore  

Festival Juanga Bakal Jadi Primadona Wisata Baru di Tidore

Avatar photo
Salah satu perahu hias dalam Festival Juanga, di Kelurahan Mareku, Jumat 18 Agustus 2023. (dok. Humas)

Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim membuka secara resmi pelaksanaan Festival Juanga Pertama Tahun 2023, di Tanjung Mafutube, Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepulauan, Jumat 18 Agustus 2023.

Pelaksanaan festival ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI atau HUT RI ke-78. Perayaan ini mempertontonkan parade perahu hias, yang diramaikan delapan tim, sebagai perwakilan dari setiap RT di kelurahan setempat.

Produk olahan UMKM lokal juga dipamerkan dalam festival itu. Serta pentas seni, seperti tarian tradisional yang mengandung nilai sejarah Tidore.

Ali mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini harus menjadi agenda tahunan, yang terus dirayakan tiap tahun. Dengan begitu, katanya, bisa menjadi primadona wisata baru untuk menarik kunjungan wisatawan lokal.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

Ia berharap, festival ini masuk dalam kalender event Kota Tidore Kepulauan, sehingga menjadi event tahunan di Kelurahan Mareku, yang selalu diadakan.

Sementara itu, refleksi sejarah perjuangan Merah Putih di Tanjung Mafutube, disampaikan Umar Yasin, Sangaji Laho. Ia menjelaskan, tanjung ini menjadi saksi sejarah perjuangan yang digerakkan para tokoh nasional. Karena itu, kontribusi Tidore terhadap NKRI sangat besar.

Ia berharap, agar generasi muda Tidore, khususnya di Kelurahan Mareku, supaya tetap menanamkan spirit perjuangan Merah Putih dalam jiwa mereka.

“Karena Indonesia tanpa Tidore, tidak ada Sabang sampai Merauke,” tuturnya.

Ali melanjutkan, terkait penunjukkan Tidore menjadi tuan rumah perayaan Hari Nusantara pada Desember 2023 mendatang. Ia meminta dukungan warga sekitar, untuk menyukseskan event nasional itu.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Berharap BRI Soasio Terus Tingkatkan Kerjasama

“Saya minta dukungan dan kerja sama seluruh masyarakat Tidore, karena pada 13 Desember nanti Tidore dipercayakan menjadi tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2023 oleh Menko Marves, dan ini akan lebih meriah dari Sail Tidore,” tambahnya.*