Daftar Destinasi Wisata Pantai di Sofifi

Avatar photo
Wisata Sofifi, Tidore, Sofifi, Halmahera
Pemandangan hutan mangrove dari atas menara pantau, di Wisata Hutan Mangrove Guraping. (Apriyanto Latukau/Kieraha.com)

Menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat pada akhir pekan menjadi saat yang dinantikan hampir setiap orang. Baik bersama keluarga, sahabat maupun pasangan. Meski begitu, kita juga memerlukan tempat yang mudah diakses hingga ramah isi dompet, untuk menikmati momen kebersamaan tersebut.

Agar semuanya berjalan lancar, berikut ini kieraha.com merekomendasikan beberapa destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

BACA JUGA 10 Lokasi Wisata Alam Terbaik di Maluku Utara

Wisata Pantai Doe Masure

Maluku Utara punya potensi wisata pantai menarik yang tidak terhitung jumlahnya, salah satunya Wisata Doe Masure.

Sesuai dengan namanya Masure yang berarti indah, wisata satu ini menawarkan pemandangan pantai yang langsung berhadapan dengan Pulau Tidore, Ternate dan Hiri.

Terletak di Dusun Barumadoe, Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara. Tak sampai lima menit dari Pelabuhan Speed Boat Sofifi. Sekitar 30 meter dari perempatan Jalan 40, ada gapura masuk wisata yang tepat di sisi kiri jalan menuju ke tempatnya.

BACA JUGA  50 ASN Pemkot Tidore dan Halmahera Timur Ikut PKA di Ternate

Cukup dengan membayar ongkos masuk Rp2000 per orang, Anda bisa menikmati pantai dan seisinya. Tersedia juga aneka menu makanan dan minuman seperti pisang goreng, kelapa muda dan kopi.

Cukup dengan membayar Rp5000 hingga Rp25.000 per paket, kita bisa menikmati makanan atau minuman itu. Tak ketinggalan, di sini juga menawarkan sewa benen untuk berenang.

Ada banyak pilihan tempat duduk untuk pengunjung, mulai dari dudukan di bawah pepohonan ataupun gazebo, tergantung selera Anda.

Pengunjung pun tak akan dibuat pusing mencari tempat parkir, karena di situ punya lahan parkir yang cukup untuk mobil dan sepeda motor.

Wisata Pantai Deo-Doe Guraping

Wisata Pantai Doe-Doe Guraping (Apriyanto Latukau/Kieraha.com)

Tak jauh berbeda dengan destinasi wisata sebelumnya, Wisata Pantai Doe-Doe Guraping pun punya menu dan pemandangan serupa. Harganya pun tergolong murah.

BACA JUGA  50 ASN Pemkot Tidore dan Halmahera Timur Ikut PKA di Ternate

Selain pemandangan laut, objek wisata ini pun akan memanjakan mata pengunjung dengan keindahan Teluk Guraping. Lengkap dengan gugusan pepohonan mangrove.

Terletak di Kelurahan Guraping, Kecamatan Oba Utara, wisata yang satu ini pun menyediakan foto booth yang akan mempercantik momen kebersamaan Anda.

Taman Hutan Mangrove Guraping

Menara pantau di Taman Mangrove Guraping. (Apriyanto Latukau/Kieraha.com)

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini punya hutan mangrove yang lebat. Cukup membayar karcis masuk sebesar Rp5000 per orang, kita bisa menikmati hutan tersebut.

Akses menuju kesana cukup mudah, letaknya sekitar 500 meter dari Kantor Gubernur Maluku Utara, dan berada tepat di samping Jalan Lintas Halmahera. Dengan memasukinya, kita seolah disambut oleh ragam jenis pohon mangrove yang menyerupai terowongan.

Tersedia juga menara pantau. Dari atas menara, pengunjung dapat menikmati hamparan hijau hutan mangrove serta puncak dari pulau-pulau di depannya.

BACA JUGA  50 ASN Pemkot Tidore dan Halmahera Timur Ikut PKA di Ternate

Tak hanya itu, Anda juga bisa bersantai sambil menyantap aneka makanan dan minuman di Cafe Hutan Mangrove, yang terletak di ujung jalur wisata. Tersedia juga lahan parkir yang cukup untuk memarkirkan kendaraan Anda.

BACA JUGA Agar Wisata Maluku Utara Jadi Maladewanya Indonesia

Puncak Gosale

Pemandangan dari Wisata Puncak Gosale. Apriyanto Latukau/Kieraha.com)

Bagi penikmat sunset, Anda tidak akan menyesal berkunjung ke Puncak Gosale. Wisata puncak yang satu ini terletak tepat di sisi Jalan Lintas Halmahera, sekitar 500 meter arah utara dari Kantor Gubernur.

Cukup membayar uang masuk Rp5000 per orang, Anda bebas menikmati pemandangan laut dan pulau di depannya dari atas puncak.

Suasana akan tambah terisi dengan menu kuliner yang tersedia di situ, seperti kopi maupun pisang goreng. Tentu dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp5000 – Rp20.000.*