News  

Bakar Sate Ikan di Tidore Pecahkan Rekor Dunia

Avatar photo
Tidore
Sate ikan yang dibakar, di Tidore, pada Senin, 11 Desember 2023. (doc. humas)

Bakar sate ikan terbanyak menjadi salah satu rangkaian perayaan Hari Nusantara Tahun 2023. Sebanyak 26.000 tusuk sate dibakar, di venue Festival Kampung Nelayan Tomalou, Kelurahan Tomalou, Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan pada Senin, 11 Desember 2023.

Jumlah tusuk sate itu sekaligus memecahkan Rekor Muri, bahkan sate ikan ini pun melebihi rekor secara internasional.

BACA JUGA Tidore Ekspor Puluhan Ton Cengkih ke Spanyol 502 Tahun Lalu

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gunawan Suswantoro, yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan bakar sate ikan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Nusantara tahun 2023. Dengan adanya 26.000 tusuk sate ikan ini dapat memberi contoh untuk cara hidup sehat.

BACA JUGA  Daftar Pejabat yang Dikembalikan ke Posisi Semula oleh Pj Gubernur Malut

“Sehat karena kemarin olahraga berenang dan hari ini kita makan ikan, dan insha Allah setelah hari tidak ada stunting di kota Tidore Kepulauan,” ujar Gunawan.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim mengatakan, ikan merupakan lauk yang wajib bagi masyarakat kota setempat. Hal itu, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Tidore.

“Memang perlu diketahui bahwa Kita di Kota Tidore ini kalau setiap kalau makan itu harus ada ikan, kalau tidak akan ikan itu  tidak lengkap,” tuturnya.

Ia mengaku, merasa bangga dengan pencapaian ini, karena berhasil memecahkan rekor tersebut.

BACA JUGA Hari Nusantara di Tidore Bakal Pecahkan Rekor Muri

Lutvi Syah Pradana, Customer Relation Manager Muri menjelaskan, bakar sate ikan terbanyak di Kota Tidore ini sudah diverifikasi oleh tim Muri Indonesia, dari jumlah yang ditetapkan sebanyak 26.000 tusuk sate.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Upacara Peringati Harkitnas 2024

“Setelah diverifikasi sajian sate ikan terbanyak sebanyak 26.000 tusuk tidak lebih tidak kurang dan kami tetapkan sebagai rekor dunia,” tambahnya.*