Sejumlah Pejabat Pemprov Maluku Utara Kompak ‘Berkantor’ di Ternate

Avatar photo
Ruang depan Kantor Gubernur Malut di Sofifi/kieraha.com

Sejumlah pejabat tinggi pratama di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Utara kompak melaksanakan kegiatan pemerintahan di Kota Ternate. Pejabat ini diantaranya Sekretaris Daerah Samsudin Abdul Kadir dan sejumlah pimpinan OPD.

Sebagian Organisasi Perangkat Daerah atau OPD ini pun diketahui memiliki Sekretariat dan Kantor Penghubung di Ternate. Padahal, Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba sudah berulang kali mengingatkan agar aktivitas kantor dan semua kegiatan pemerintahan dapat dilaksanakan di Sofifi sebagai ibu kota provinsi.

BACA JUGA Jam Kerja Pegawai ASN Maluku Utara Selama Bulan Suci Ramadan

Gubernur Abdul Gani Kasuba sendiri diketahui baru pulih dari sakit, namun tetap melaksanakan tugas dan pelayanannya di kantor gubernur, Jalan Raya Lintas Halmahera, Puncak Gosale.

BACA JUGA  Eka Dahliani Dicopot Dari Jabatan Kepala Dinas PUPR Maluku Utara

“Saya sakit saja masuk kantor,” ucap gubernur, begitu disambangi, Senin 25 April 2022.

Meski begitu, gubernur dua periode ini memaklumi kalau bulan puasa Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini membuat banyak ASN yang berada di Ternate.

“Memang bulan puasa, kadang-kadang (pegawai) datang cuma satu jam, seperti tadi (Senin kemarin). Kalau di masjid banyak orang, berarti yang berkantor juga banyak,” lanjutnya.

Ia mengatakan keberadaan pimpinan OPD di Ternate berdampak pada sejumlah ASN yang ikut berkantor di Ternate.

“Jadi saya memaklumi karena puasa terakhir, mudah-mudahan selesai hari raya ini mereka bisa masuk kantor,” sambungnya.

Kepala Biro Adpim Rahwan K Suamba membenarkan bahwa Sekda Provinsi Samsudin Abdul Kadir dan sejumlah pimpinan OPD lainnya sedang melakukan kegiatan di Ternate dan dinas luar daerah.

BACA JUGA  Polda Metro Ciduk Tiga PNS Pemprov Maluku Utara di Jakarta

“Pak Sekda mewakili Pak Gubernur yang didampingi beberapa pimpinan OPD dan Forkopimda hadiri HUT Otda dengan Kemendagri dan gubernur se Indonesia secara virtual di Royal Resto (Ternate),” jelasnya.

BACA JUGA SKPD Lingkup Pemprov Maluku Utara Masih Abai Instruksi Gubernur

“Sementara saya dan Asisten II menghadiri kegiatan Bimtek Inovasi yang digagas Balitbangda Malut dengan Balitbangda Kemendagri. Sedangkan, Ibu Karo Kesra di Jakarta hadiri rapat persiapan haji dan Kepala BPKAD dinas dalam daerah di Halmahera Tengah, serta sebagian tidak terpantau mengikuti kegiatan apa,” lanjut dia.

Pimpinan OPD yang berkantor di Sofifi pada Senin 25 April 2022 diantaranya Karo Ekonomi, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis ESDM, Kepala Bapenda, Kadis PUPR dan Kadis Nakertrans. *

BACA JUGA  JCH Kloter 15 asal Ternate Tiba dengan Selamat di Jeddah

Rais Dero