oleh

Pangdam Pattimura Apresiasi Harita Nikel Saat Kunjungan di Pulau Obi

Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, melakukan kunjungan ke Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat lalu.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Pattimura melaksanakan seremonial peletakan batu pertama Pos Koramil Pulau Obi dan mengunjungi area operasional Harita Nickel yang terdiri dari PT Trimegah Bangun Persada dan PT Megah Surya Pertiwi.

Mayjen TNI Suko Pranoto mengatakan Kodam XVI Pattimura memiliki wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara yang sangat luas dan dipisahkan oleh laut, serta dihadapkan pada jumlah satuan dan personel yang terbatas, bahkan ada Koramil yang memiliki luas tanggung jawab hingga sembilan Kecamatan dengan personel yang sangat terbatas.

“Untuk menutupi celah tersebut, kita bangun Pos Koramil yang akan dibentuk, termasuk hari ini (Jumat 7 September 2017) di Pulau Obi. Selain itu, kedepan kita ajukan kepada Komando Atas untuk menambah satuan setingkat Kodim di setiap kabupatennya, seperti halnya saat ini Kodim Sanan yang sudah siap diresmikan, dan dalam waktu dekat Kodim Morotai dan Halmahera Tengah,” kata Pangdam Pattimura sesuai rilis yang ditulis, kepada Kieraha.com, Selasa (11/9/2018).

Selain itu, Pangdam Pattimura juga meninjau perusahaan tambang nikel beserta pengolahannya yang berada di Pulau Obi tersebut.  Mayjen Suko menilai keberadaan perusahaan Harita Nickel ini sangat bermanfaat bagi pembangunan daerah.

Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat terus mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan perusahaan. Karena perusahaan juga berkomitmen untuk membuat suatu area pemukiman yang nyaman bagi masyarakat dalam bentuk Eco Village serta pengembangan bandara di Pulau Obi sebagai salah satu proyek penting untuk menjaga keamanan di Pulau Obi.

“Ada perusahaan tambang nikel di bawah Harita Group ini tentunya dapat menunjang kegiatan perekonomian rakyat, khususnya mengenai kesempatan kerja dan mitra usaha. Untuk itu, kami berharap agar masyarakat yang berada di sekitar perusahaan terutama di Desa Kawasi dapat membantu dan menjaga perusahaan, dalam rangka memajukan Desa, karena dengan keberadaan perusahaan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat seperti misalnya listrik yang selama ini sudah dibantu oleh perusahaan maka dari itu masyarakat harus turut andil dalam pendistribusian listrik yang bertanggung jawab dan mandiri,” kata Mayjen Suko.

Chief Deputy Head Exrel dan CSR Harita Nickel, Alexander Lieman, mengatakan kunjungan Pangdam Pattimura merupakan satu kehormatan bagi perusahaan. Apalagi, kunjungan tersebut untuk membangun Pos Keamanan.

“Kami berharap dengan kedatangan Pangdam Pattimura ini semakin menciptakan kondisi aman dan damai di Pulau Obi. Dan salah satu bentuk yang dapat mendukung adalah dengan adanya Pos Koramil yang akan dibangun karena memang keberadaan Pos Keamanan ini sangat dibutuhkan khususnya untuk pembinaan terhadap masyarakat,” Alexander Lieman menambahkan.

Bagikan