oleh

Gempa Guncang Morotai Maluku Utara Terjadi di Darat

Gempabumi kembali mengguncang wilayah Morotai, Maluku Utara, Minggu siang, 14 Juni 2020. BMKG Stasiun Geofisika Ternate mencatat pusat gempa itu berada di daratan.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi itu memiliki kekuatan 4,9 magnitudo yang terjadi di darat pada jarak 33 km Utara Daruba dengan kedalaman hiposenter 10 km.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate Kustoro Hariyatmoko, mengatakan gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa kedalaman dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang berdekatan dengan episenter.

“Berdasarkan laporan masyarakat bahwa gempa bumi ini dirasakan di Morotai dengan intensitas III MMI, atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang gantung bergoyang,” ujar Kustoro, kepada wartawan, di Ternate, Minggu, pukul 14.42 WIT.

Hingga saat ini, lanjut Kustoro, belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa itu. Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi itu tidak berpotensi tsunami.

Rekomendasi

Kustoro mengimbau, kepada masyarakat di wilayah Morotai dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg. *

Irawan Lila

BAGIKAN