oleh

Ini yang Diucapkan AHM untuk Warga Maluku Utara Usai Ditahan KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan calon gubernur Maluku Utara Ahmad Hidayat Mus dan adiknya Zainal Mus, Bupati Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Penahanan ini dilakukan usai keduanya menjalani pemeriksaan perdananya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Bandara Bobong APBD TA 2009 di Kabupaten Kepulauan Sula. AHM adalah mantan bupati dua periode dan ZM sebagai Ketua DPRD di Sula kala itu.

AHM keluar terlebih dahulu dari Gedung KPK di Jakarta pada pukul 18.45 WIB, dan ZM menyusul dibelakangnya. Dengan senyum mengembang politisi Golkar itu mensyukuri penahanannya ini.

AHM mengucapkan terima kasih pada masyarakat Maluku Utara yang telah memilihnya. “Bagi saya ini adalah bagian nikmat yang sangat luar biasa kita sudah menang pilkada. Sabar saja masyarakat Maluku Utara, insya Allah kita dilindungi Allah SWT,” ucap AHM seperti dilansir Publicanews, di gedung KPK, Senin.

AHM yang telah mengenakan rompi tahanan KPK ini yakin penahanannya tidak mengganggu proses pelantikannya sebagai orang nomor satu di Maluku Utara. Cagub yang berpasangan dengan DR Rivai Umar ini unggul di Pilgub Malut versi real count KPU Jumat sore (29/6/2018).

“Dilantiklah pasti,” katanya.

AHM kemudian menyerahkan pada pengacaranya untuk menjelaskan kasusnya ini. Ia lalu dibawa menggunakan mobil tahanan ke Rutan KPK.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, penahanan ini dilakukan setelah terpenuhinya ketentuan Pasal 21 KUHAP. “AHM ditahan di rutan cabang KPK di Kav K-4, sedangkan ZM di rutan cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur,” kata Febri dalam keterangan tertulisnya.

Juru Bicara AHM RIVAI, Syawaludin Damopoli di Ternate menyatakan, penahanan AHM oleh KPK bukanlah sesuatu yang mengejutkan bagi pendukung AHM RIVAI. AHM sudah mempersiapkan mentalnya sejak awal untuk menghadapi proses hukum yang disangkakan KPK tersebut. Karena itulah yang menghantarkan AHM RIVAI menang (unggul) pada pemilihan 27 Juni lalu.

Syawal mengajak seluruh pendukung, simpatisan, dan relawan AHM RIVAI untuk solid dan tetap konsisten dengan tagar AHM RIVAI #PolitikTanpaGaduh. Tetap perketat pengawasan pleno hasil pilgub di tingkatan KPUD. “Yakinlah (pasangan calon) AHM RIVAI adalah gubernur baru Maluku Utara murni hasil nurani rakyat Maluku Utara,” katanya kepada Kieraha.com Senin malam.

Source: Publikanews

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda