oleh

PDIP Resmi Usung Usman-Bassam di Pilkada Halmahera Selatan

DPP PDI Perjuangan secara resmi mengusung Usman Sidik sebagai calon bupati dan Hasan Ali Bassam Kasuba sebagai calon wakil bupati pada Pilkada 2020, di Halmahera Selatan.

Adanya tambahan dukungan dari partai penguasa ini maka jumlah partai yang tergabung dalam koalisi pasangan Usman-Bassam itu menjadi delapan partai.

Pengumuman rekomendasi dari DPP PDIP ini digelar secara virtual, Selasa 11 Agustus 2020.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri hadir dalam penyerahan SK tersebut. Sementara, nama-nama bakal calon yang mendapat dukungan dibacakan Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani. Selain Usman-Bassam, keputusan ini juga diberikan kepada empat pasangan calon yang maju dalam perhelatan politik di wilayah Malut.

“Pada hari ini kita masuk pada tahap ketiga pengumuman calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. Saya akan bacakan 75 calon dari PDIP di seluruh Indonesia dari Timur sampai ke Barat,” kata Puan, saat membacakan rekomendasi DPP melalui video virtual.

Puan lalu menyebutkan nama-nama satu per satu. Tak ketinggalan, nama Usman Sidik sebagai calon bupati dan Hasan Ali Bassam sebagai calon wakil bupati di Pilkada Halmahera Selatan. Dengan adanya dukungan ini, kini pasangan Usman-Bassam telah mengantongi 18 kursi di DPRD Halmahera Selatan. Jumlah itu terdiri atas 4 kursi dari PKB, 3 kursi dari PKS, 1 kursi dari PSI, 2 kursi dari Demokrat, 1 kursi dari PAN, 5 kursi dari Golkar, dan 2 kursi dari PDIP. Setiap pasangan calon di pilkada setempat harus memenuhi syarat yang diusung koalisi partai dengan jumlah 6 kursi.

Setelah mendapat rekomendasi DPP PDIP, Usman Sidik menyebut dukungan tersebut sebagai awal perjuangan memenangkan pertarungan politik di Halmahera Selatan.

“Alhamdulillah. Insha Allah berjuang maksimal melaksanakan amanah ini,” lanjut Usman.

Usman menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan jajaran pengurus PDIP. Ia mengatakan bakal menjalankan amanah dari partai pengusung dengan baik.

Ketua DPC PDIP Halmahera Selatan Benyamin Hi Daud mengatakan pengusungan Usman dan Bassam sebagai pasangan di pilkada tersebut sudah berdasarkan tahapan seleksi yang dimulai dari tingkat DPC, DPD hingga DPP.

“Semuanya sudah melalui tahapan, sehingga keluar rekomendasi untuk Usman dan Bassam sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan,” kata Benyamin, saat dihubungi kieraha.com, melalui telepon, di Ternate, Selasa sore, 11 Agustus 2020.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda