oleh

Warga Ternate Diimbau Waspada Musim Hujan dan Fenomena La Nina

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD mengimbau kepada masyarakat Kota Ternate yang tinggal dekat barangka untuk selalu waspada dan siaga cuaca saat ini.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kota Ternate, M Arif Gani, ketika dikonfirmasi kieraha.com, Rabu 25 November 2020.

BACA JUGA

Waspada Dampak La Nina Berpotensi Terjadi di Maluku Utara

Ia menyatakan, kawasan kalimati atau barangka yang ada di kota pulau ini sering mengeluarkan banjir dan lahar dingin, sehingga kewaspadaan dan kesiapsiagaan perlu ditingkatkan sejak dini.

“Tetap waspada dan selalu berikhtiar terutama saat musim hujan,” lanjut Arif.

Bantaran kalimati yang perlu diwaspadai ini mulai dari Kelurahan Maliaro ke arah Toboko, Kelurahan Tubo ke arah Akehuda dan Dufa-Dufa, Kelurahan Takome dan Togafo.

“Imbauan ini karena prakirawan cuaca dari BMKG menyebutkan musim hujan ini akan berlangsung mulai bulan Oktober 2020 hingga Desember nanti,” kata Arif.

Ia menambahkan, selain waspada terhadap musim hujan, warga diharapkan selalu siaga dengan potensi cuaca ekstrim yang ditimbulkan akibat fenomena La Nina yang berlangsung dari laut Pasifik ke arah Timur.

“Kemarin ketika kita selesai apel siaga, kita sudah mengimbau untuk waspada La Nina. Itu kita menyurat ke setiap kelurahan dan kecamatan di Ternate,” tambahnya.

Sahrul Jabidi

Bagikan Kabar Anda